Yudiantari, Septa Wulan (2010) Meningkatkan kemampuan berpikir kritis melalui model pembelajaran problem based instruction (PBI) pada siswa kelas VIII F SMP Negeri 20 Malang / Septa Wulan Yudiantari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Model Problem Based Instruction (PBI) Kemampuan Berpikir Kritis Ceramah dan latihan soal merupakan metode yang digunakan guru fisika kelas VIII F SMP Negeri 20 Malang. Metode pembelajaran ini tidak membantu peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa.Hal ini disebabkan oleh rendahnya pemahaman konsep fisika siswa sehingga kemampuan berpikir siswa tidak berkembang. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Ketercapaian tujuan tersebut dilakukan dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif . Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK).Penelitian dilaksanakan selama dua siklus dengan disertai perbaikan di setiap siklusnya.Tahapan yang digunakan dalam penelitian ini adalah perencanaan tindakan observasi tindakan serta refleksi. Tindakan yang diberikan pada siklus I dan siklus II berupa penerapan skenario pembelajaran model PBI yang terdiri dari lima langkah yaitu orientasi siswa pada pembelajaran mengorganisasi siswa untuk belajar membimbing penyelidikan individu dan kelompok mengembangkan dan menyajikan hasil karya evaluasi dan pemecahan masalah.Sedangkan kemampuan berpikir kritis yang di ukur dalam penelitian ini adalah memberikan penjelasan sederhana membangun keterampilan dasar menyimpulkan memberikan penjelasan lanjut serta membuat strategi dan taktik. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII F SMP Negeri 20 Malang yang terdiri dari 40 siswa dengan rincian 17 siswa putra dan 23 siswa putri. Pokok bahasan yang digunakan adalah getaran gelombang dan bunyi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa mengalami peningkatan setelah diberi tindakan dengan menerapkan langkah pembelajaran model PBI. Peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa ditunjukkan dengan peningkatan persentase kemampuan berpikir kritis pada siklus I sebesar 72% meningkat menjadi 81% pada siklus II.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 27 Oct 2010 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2010 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/20363 |
Actions (login required)
View Item |