Simulasi pertumbuhan pohon menggunakan cellular automata / Febriana Yusiyanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Simulasi pertumbuhan pohon menggunakan cellular automata / Febriana Yusiyanti

Yusiyanti, Febriana (2010) Simulasi pertumbuhan pohon menggunakan cellular automata / Febriana Yusiyanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci model pembelajaran inkuiri multimedia animasi hasil belajar Berdasarkan observasi melalui wawancara dengan guru fisika dan pengamatan pada siswa XI IPA SMA Negeri 7 Malang diketahui bahwa hasil belajar siswa kurang optimal dibuktikan oleh nilai siswa yang belum memenuhi standar ketuntasan minimal yang ditetapkan oleh sekolah. Hal ini dikarenakan guru menerapkan metode ceramah secara monoton dalam pembelajaran fisika hal ini berdampak pada hasil belajar kognitif siswa rendah siswa pasif dalam pembelajaran dan ketrampilan psikomotorik siswa kurang diujikan. Guru fisika SMA Negeri 7 Malang mengalami kesulitan dalam mengaktifkan siswa dengan cara mengaitkan materi pelajaran dengan keseharian siswa. Dengan menerapkan model pembelajaran inkuiri berbantuan multimedia animasi mampu mengaktifkan siswa dalam proses menemukan sehingga mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bersifat kualitatif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi afektif lembar observasi psikomotorik tes kognitif dan lembar observasi pelaksanaan pembelajaran inkiuiri berbantuan multimedia animasi. Untuk melihat dampak penerapan pembelajaran inkuiri berbantuan multimedia animasi terhadap hasil belajar dirancang siklus I. Berdasarkan hasil observasi dan refleksi yang dilakukan pada siklus I maka dilaksanakan siklus II. Karena peningkatan hasil belajar siswa sudah mengalami ketuntasan yang diharapkan maka berhenti pada siklus II. Analisis data terhadap hasil belajar siswa berpedoman pada standar yang ditetapkan sekolah yaitu sekurang-kurangnya 75% dari jumlah siswa dalam satu kelas memperoleh nilai minimal 70 untuk aspek afektif dan aspek psikomotorik serta untuk aspek kognitif sekurang-kurangnya 65% dari jumlah siswa dalam satu kelas atau nilai gain score 8805 0 3. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah menerapkam pembelajaran inkuiri berbantuan multimedia animasi nilai kognitif nilai rata-rata afektif dan nilai rata-rata psikomotorik siswa kelas XI IPA-4 mengalami peningkatan dari siklus I samapai siklus II hingga mencapai ketuntasan belajar yang ditetapkan oleh sekolah. Nilai afektif rata-rata pada siklus I sebesar 76 83 dan rata-rata pada siklus II sebesar 80 83 terjadi peningkatan 5 2%. Nilai psikomotorik rata-rata siswa pada siklus I sebesar 77 57 dan rata-rata pada siklus II sebesar 81 4 terjadi peningkatan 4 9%. Nilai kognitif rata-rata siswa pada siklus I ditandai dengan hasil gain score sebesar 0 45 dan siklus II diperoleh hasil gain score sebesar 0 53. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran inkuiri berbantuan multimedia animasi dapat meningkatkan hasil belajar fisika kelas XI IPA SMA Negeri 7 Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 23 Sep 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/20350

Actions (login required)

View Item View Item