Implementasi pembelajaran kooperatif tipe jigsaw untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan prestasi belajar fisika siswa kelas X-C MAN Malang I semester II tahun ajaran 2009/2010 / Uyunun Nafi'ah - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi pembelajaran kooperatif tipe jigsaw untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan prestasi belajar fisika siswa kelas X-C MAN Malang I semester II tahun ajaran 2009/2010 / Uyunun Nafi'ah

Nafi'ah, Uyunun (2010) Implementasi pembelajaran kooperatif tipe jigsaw untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan prestasi belajar fisika siswa kelas X-C MAN Malang I semester II tahun ajaran 2009/2010 / Uyunun Nafi'ah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci pembelajaran kooperatif tipe jigsaw kemampuan berpikir kritis prestasi belajar fisika Fisika merupakan salah satu pelajaran yang dianggap sulit dan membosankan bagi kebanyakan siswa. Metode ceramah dan berpusat pada guru (teacher centered) membuat siswa menjadi pasif dan mengakibatkan prestasi belajar menjadi tidak maksimal. Berdasarkan observasi yang dilakukan di kelas X-C MAN Malang 1 siswa memiliki potensi besar untuk mengembangkan kemampuan berpikirnya namun metode yang kurang tepat membuat kemampuan siswa tersebut menjadi tenggelam. Dengan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw siswa bekerja aktif dalam kelompok untuk menggali pengetahuannya serta mengungkapkan pendapat. Pada pembelajaran ini siswa harus menguasai materi sepenuhnya untuk kemudian mampu menjelaskan kepada siswa lain sehingga memacu kemampuan berpikir kritisnya yang diharapkan berdampak positif pada prestasi belajarnya. Pada pembelajaran ini siswa juga mendapatkan informasi lain dari kelompok lain yang tidak dimiliki oleh kelompoknya. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas terdiri dari dua siklus. Penelitian dilaksanakan pada Bulan Mei 2010. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Peneliti bertindak sebagai perencana pengumpul data penganalisis data dan pelapor hasil penelitian. Teknik pengumpulan data dengan tes dan wawancara dengan bantuan dari dua guru bidang studi fisika dan dua observer. Data yang dihasilkan dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) dari perspektif pengembangan interaksi pembelajaran keterlaksanaan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw oleh peneliti sebesar 83 60% pada siklus I dan meningkat menjadi 87 30% pada siklus II. Peningkatan keterlaksanaan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw sebesar 3 70 % (2) Kemampuan berpikir kritis siswa juga mengalami peningkatan dari 70 10% pada siklus I menjadi 88 00% pada siklus II. Peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa sebesar 17 90% (3) Prestasi belajar siswa juga mengalami peningkatan dari 69 44% dengan nilai rata-rata 72 76 pada siklus I menjadi 86 11% dengan nilai rata-rata 76 80. Peningkatan prestasi belajar fisika siswa 16 67%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 20 Sep 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/20349

Actions (login required)

View Item View Item