Implementasi pembelajaran fisika berbasis konstruktivis dalam upaya peningkatan aspek kognitif dan aspek psikomotor pada siswa kelas II semester II SMU Negeri I Malang tahun ajaran 2002/2003 oleh Asmawi - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi pembelajaran fisika berbasis konstruktivis dalam upaya peningkatan aspek kognitif dan aspek psikomotor pada siswa kelas II semester II SMU Negeri I Malang tahun ajaran 2002/2003 oleh Asmawi

Asmawi (2010) Implementasi pembelajaran fisika berbasis konstruktivis dalam upaya peningkatan aspek kognitif dan aspek psikomotor pada siswa kelas II semester II SMU Negeri I Malang tahun ajaran 2002/2003 oleh Asmawi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Praktisi pendidikan terus melakukan berbagai upaya dalam memajukan p ndidikand iantaranyad enganm eningkatkank ualitasp embelajaranU. saha meningkatkanku alitasp embelajarand ilakukan denganu payam enerapkan pembelajarabne rbasisk onstruktivis.K onstruktivis merupakans uatur ujukan penbelejanny angb eranggapabna hwap engetahuany ang diperolehs iswa dikonsfrukssii swas endiri.P engetahuadni perolehs iswas ecaraa ktifdengan berint rakslia ngsungd engano bye( pengalamand an lingkunganm ereka d an s mata-matbau kand iterima secarap asif dari guru mereka. Penelitianin i bertujuanu ntukm engetahupi eningkatana spekk ognitifdan aspekp sikomotors iswaS MUN I Malang melalui penerapanp embelajaran konstuktivisA. spekk ognitif yangd imaksudd alamp enelitianin i adalaha spek yangb erkaitand engank ecerdasasni swa s edangkaans pekp sikomotora dalah aspeky angb erkaitand engank eterampilanm otorik siswa.s elaini tu penelitianin i jugau ntukm enghasilkapne rangkapt embelajarabne rbasisk onstruktivisy ang telaht eruji dapatm eningkatkana spekk ognitif dan aspekp sikomotors iswa . khususnypaa dap okokb ahasanO ptika geometr(i pembiasanca hayad an pembiasacna hayap adal ensac embung)d anp okokb ahasana lato ptik (lup mikroskop dan ieleskop). Penelitiand ilaksanakadni SMUN I Malang p adas emestegr enapt ahun ajaran20021200S3u.b yekp enelitiannyaa dalahs iswaK elasI I-2. Jenisp enelitian ini adalahk ualitatifdalam bentukp enelitiant indakank elas.T indakany ang diberikana dalahm enerapkapne mbelajarakno nstruktivisd enganm oders iklus belajayr angt erdiri dari tiga tahap y aitu tahape ksplorasit a happ engenalan konsepd ant ahapp eneftrpakno nsep.P enelitiand ilaksanakadna iamduas iklus. SiklusI padap okokb ahasano ptikag eometri s edangkasni klusI I padap okok bahasana lat optik. Hasila nalisisd anr efleksip adas iklusI dans iklusI I menunjukkabna hwa aspekk ognitifd ana spekp sikomotors iswam eningkast elamap embelajaran. Peningkatana spekk ognitifsiswa ditandaid enganp eningkatans kor siswap ada setiape valuasdi ari duas iklusy angt elahd ilaksanakanp.e ningkatana spek pikomotor siswat erjadip adak eterampilanm engamatim enggunakaanl atd an bahanm enafsirkanp engamatanm engkomunikasikadna nm enerapkakno nsep. Hasilp enelitianin i juga menunjukkanb ahwas kenariop embelajarayna ng dilengkapdi enganL KS berbasisk onstruktivism ampum eningkatkana spek kognitifd an-aspepks ikomotorp adas iswak elasI I-2 semesteIrI SMUNi Malane pada bidang studi fisika.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 20 Sep 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/20346

Actions (login required)

View Item View Item