Peningkatan aspek psikomotor dan aspek kognitif melalui pembelajaran berbasis konstruktivis pada bidang studi fisika siswa kelas II semester II SLTP Negeri 4 Malang tahun ajaran 2002/2003 oleh Joni Tri Wahyono - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan aspek psikomotor dan aspek kognitif melalui pembelajaran berbasis konstruktivis pada bidang studi fisika siswa kelas II semester II SLTP Negeri 4 Malang tahun ajaran 2002/2003 oleh Joni Tri Wahyono

Wahyono, Joni Tri (2010) Peningkatan aspek psikomotor dan aspek kognitif melalui pembelajaran berbasis konstruktivis pada bidang studi fisika siswa kelas II semester II SLTP Negeri 4 Malang tahun ajaran 2002/2003 oleh Joni Tri Wahyono. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Praktisi pendidikan terus melakukan berbagai upaya dalam memajukan pendidikand iantaranyad enganm eningkatkank ualitas pembelajaranU. saha meningkatkank ualitasp embelajarand ilakukan denganu payam enerapkan pembelajarabne rbasisk onsfuktivis. Konstruktivis merupakans uatur ujukan pembelajarayna ng beranggapanb ahwa pengetahuany ang diperolehs iswa dikonstruksi siswa sendiri. P9 g4g44q diperoleh siswa secara aktif dengan berinterakslai ngsungd engano byek p engalamadna n lingkunganm erekad an semata-matbau kan diterima secarap asif dari guru mereka. Penelitianb ertujuanu ntuk mengetahupi eningkatana spekp sikomotord an kogrritifs iswa SLTP Negeri 4 Malang melalui penerapanp embelajaranb erbasis konstrutivisA.s pekp sikomotoyr angd imaksudd alamp enelitianin i adalaha spek pembelajarayna ng berkaitand engank eterampilanm otorik sedangkana spek kogritif adalatra speky ang berkaitand engank ecerdasans iswa.S elaini tu penelitianin i juga untuk menghasilkanp erangkatp embelajaranb erbasis konstruktivis yang telah teruji dapat meningkatkan aspek psikomotor dan aspek kognitifsiswa k hususnyap adat opik pembiasacna hayap adal ensad ana lat optik. Penelitiand ilaksanakand i SLTPN egeri 4 Malang padas eftesterg enap tahuna jaran2 00212003S. ubyekp enelitiannyaa dalahs iswak elasI I-F. Jenis penelitian ini adalah kualitatifdalam bentuk penelitian tindakan kelas. Tindakan yangd iberikan adalahm enerapkanp embelajarank onstruktivisd engan model siklus belajar yang terdiri dari tiga khap yaitu tahap eksplorasi tahap pengenalan konsepd an tahapp enerapank onsep.P enelitiand ilaksanakand alamd ua siklus yaitu siklus I padat opik pembiasanc ahayad an siklus Il padat opik alat opik. Hasil analisis dan refleksi setelah tindakan siklus I dan siklus II menunjukkkanb ahwaa spekp sikomotord an aspekk ognitif siswam eningkat selamap embelajaranP. eningkatana spekp sikomotors iswat erjadi pada keterampilanm engamati menggunakana lat dan bahan m enafsirkanp engamatan mengkomunikasikadna n menerapkank onsep.P eningkatanp adaa spekk ognitif ditandai dengan peningkatan skor siswa pada saiap evaluasi dari 2 siklus yang telahd ilaksanakanH. asil penelitiani ni juga menunjukkanb ahwa skenario pembelajarayna ngd ilengkapid enganlk s berbasisk onstruktivism ampu meningkatkana spekp sikomotord ana spekk ognitifpadab idangs tudif isika siswak elasl l-F semestelrl SLTPN egeri4 Malang

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 20 Sep 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/20344

Actions (login required)

View Item View Item