Efektifitas penerapan pembelajaran konstekstual dengan metode kooperatif dan kolaborasi dibandingkan dengan pembelajaran konvensional pokok bahasan listrik arus searah terhadap prestasi belajar fisika siswa kelas II SMU Laboratorium Universitas Negeri Malang oleh Eni La - Repositori Universitas Negeri Malang

Efektifitas penerapan pembelajaran konstekstual dengan metode kooperatif dan kolaborasi dibandingkan dengan pembelajaran konvensional pokok bahasan listrik arus searah terhadap prestasi belajar fisika siswa kelas II SMU Laboratorium Universitas Negeri Malang oleh Eni La

Lailiyah, Eni (2010) Efektifitas penerapan pembelajaran konstekstual dengan metode kooperatif dan kolaborasi dibandingkan dengan pembelajaran konvensional pokok bahasan listrik arus searah terhadap prestasi belajar fisika siswa kelas II SMU Laboratorium Universitas Negeri Malang oleh Eni La. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Berdasarkans umberd ata guru pengajarf isika prestasibelaiatf isika siswa kelas II SMU Laboratorium Universitas Negeri Malang masih dibawah rat rata dikarenakano leh beberapafa ktor salahs atunyaa dalahp enggunaanm etode konvensionMl. aka dalamp enelitianin i diajukand uaa lternatifm etodep embelajaran yaitu metodep embelajarank ooperatifd an metodep embelejarank olaborasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manakah diantara metode kooperatif metode kolaborasi dan metode konvensional yang paling efektif terhadap prestasbi elajarf isika siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian semi eksperimen dengan 3 sampel terpisahd alam satup opulasi.K emampuana wal masing-masingk elompok diukur denganm enggunakanp ra-tes.P restasib elajar fisika siswad iukur denganp asca-tes. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas II SMU Laboratorium UM tahun ajaran2001l200b2e rjumlah2 35 sisway angt erdiri dari 5 kelas s ampedl alam penelitianin. i adalahs iswak elasI I- 1 dan kelasI I-5 yangd iambil secaraa cak y ang masing-masinkge lasb erjumlah4 6 siswa.D ari duak elass ampedl ikelompokkan menjad4i kelompoky aitu kelompoku ji coba k onvensionakl o operatifdan kolaborasiU. ntuk mengujih ipotesisd igunakanu jit dana nalisisv arians atujalan Dari hasila nalisisU ji-t Gain didapat - 6.66 t r- 1 90 t z-z 2.09 dan ttua 1 .67p adat araf signifikasi5 % dengand k (N N-2).H al ini menunjukkanb ahwa metode kooperatif lebih efektif dari konvensional metode kolaborasi lebih efektif darik onvensionadl ank ooperatiflebihe fektifdari kolaborasiD. an dari hasila nava scheffete st 1-2 4 .78 i-z 1.99 I z-t 2.84 dant tur- 1.67p a.datarasfi grrifrkas5i % dengan dk (N N-2).Dengan demikian metode kooperatif lebih efektif dari pada konvensionalm etodek olaborasil ebih efektifdari konvensionadl an metode kooperatiflebih efektifdari pada kolaborasi dengan anava dapat disimpulkan bahwa metode kooperatif paling efektif dibandingkan metode kolaborasi dan metode konvensionatel rhadapp restasbi elajars iswak elasI I SMU LaboratoriumU M. Disarankank epadap engajaru ntuk menggunakanm etodek ooperatifdank olaborasi sebagaai ltematifm stodep embelajarasne laianm etodek onvensional.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Sep 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/20343

Actions (login required)

View Item View Item