Penerapan strategi konflik kognitif berbantuan media untuk memperbaiki salah konsep pada pokok bahasan gerak lurus siswa kelas VII semester II SMPN 2 Ponggok Kabupaten Blitar tahun ajaran 2009/2010 / Heni Trisnawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan strategi konflik kognitif berbantuan media untuk memperbaiki salah konsep pada pokok bahasan gerak lurus siswa kelas VII semester II SMPN 2 Ponggok Kabupaten Blitar tahun ajaran 2009/2010 / Heni Trisnawati

Trisnawati, Heni (2010) Penerapan strategi konflik kognitif berbantuan media untuk memperbaiki salah konsep pada pokok bahasan gerak lurus siswa kelas VII semester II SMPN 2 Ponggok Kabupaten Blitar tahun ajaran 2009/2010 / Heni Trisnawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Strategi Konflik Kognitif Salah konsep. Berdasarkan hasil observasi awal didapat bahwa siswa masih mengalami kesulitan dalam memahami konsep yang berakibat pada kesalahan konsep siswa. Sehingga perlu dilakukan sebuah upaya untuk mengatasinya dalam penelitian ini dilakukan strategi konflik kognitif. Pada penelitian kali ini dirumuskan masalah antara lain (1) Bagaimanakah pelaksanaan penerapan strategi konflik kognitif berbantuan media yang dapat memperbaiki salah konsep pada siswa kelas VII SMPN 2 Ponggok (2) Apakah penerapan strategi konflik kognitif dengan berbantuan media dapat memperbaiki salah konsep sebesar 80-100% pada siswa kelas VII SMPN 2 Ponggok. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan penerapan strategi konflik kognitif berbantuan media yang dapat memperbaiki salah konsep pada siswa kelas VII SMPN 2 Ponggok dan untuk mengetahui bahwa penerapan strategi konflik kognitif dengan berbantuan media dapat memperbaiki salah konsep sebesar 80-100% pada siswa kelas VII SMPN 2 Ponggok. Penelitian ini dilakukan di SMPN II Ponggok pada bulan April sampai dengan Mei 2010 dalam 2 siklus dan masing-masing siklus terdiri atas 2 pertemuan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan merupakan jenis penelitian tindakan kelas. Untuk mengetahui perbaikan konsep siswa digunakan pre test dan post test harian. Selain itu dilakukan wawancara dengan siswa untuk mengetahui konsep mana yang masih belum dimengerti oleh siswa. Pelaksanaan penerapan strategi konflik kognitif ini terbilang cukup baik ditandai dengan adanya peningkatan keterlaksanaan strategi konflik kognitif pada siklus I dan siklus II pada siklus I didapat prosentase keterlaksanaan konflik kognitif adalah sebesar 49 6% pada pertemuan I dan 71 4 % pertemuan II siklus I meningkat menjadi 80 6% pertemuan I dan 86 26 % pertemuan II siklus II. Sedangkan perbaikan konsep siswa sudah mengalami peningkatan dari 69% pada tes akhir siklus I meningkat menjadi 85 % dilihat dari tes siklus II. Selain dari nilai tes akhir siklus perbaikan monsep juga didapat dari hasil post tes pada akhir pelajaran Pada siklus pertama keberhasilan Post test 74 % sedangkan dalam siklus kedua didapat keberhasilan post testnya 78 %. Untuk hasil wawancara mengetahui konsep yang dipahami siswa didapat 42% pada pertemuan pertama dan 52 % pada pertemuan kedua siklus pertama. Pada siklus kedua pemahaman konsep siswa sudah meningkat dari 74 % pada pertemuan pertama meningkat menjadi 82 %. Dari hasil di akhir siklus perbaikan kesalahan konsep siswa masuk dalam kategori baik . Dari penelitian kali ini dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan strategi konflik kognitif dapat untuk memperbaiki kesalahan konsep siswa dalam proses pembelajaran dan peran guru sangat penting dalam keberhasilan siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 16 Sep 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/20338

Actions (login required)

View Item View Item