Pemodelan pola rembesan limbah domestik dengan menggunakan metode geolistrik / Heni Trisnawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pemodelan pola rembesan limbah domestik dengan menggunakan metode geolistrik / Heni Trisnawati

Trisnawati, Heni (2010) Pemodelan pola rembesan limbah domestik dengan menggunakan metode geolistrik / Heni Trisnawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Metode Geolistrik Res2dinv limbah domestik Limbah domestik yang langsung dibuang berakibat pada pencemaran air tanah dan saluran air di permukaan. Identifikasi pencemaran yang terjadi di bawah permukaan (pencemaran air tanah) lebih sulit dideteksi. Sehingga perlu pengukuran dengan menggunakan metode geofisika untuk mengetahui seberapa besar tingkat pencemaran air tanah tersebut. Metode geofisika yang digunakan adalah metode geolistrik konfigurasi schlumberger sounding -mapping untuk mendapatkan informasi tentang berbagai jenis batuan penyusun lapisan yang terdapat di dalam permukaan bumi . Penelitian ini ditujukan kepada pola sebaran limbah domestik dan rancangan akusisi data untuk memperoleh hasil yang diinginkan. Pengambilan data dilakukan dengan pemodelan yang menggunakan kotak kayu dengan ukuran 120 x 75 x 40 cm dengan menggunakan medium pasir yang dberi anomali berupa limbah domestik . Proses pengambilan datanya adalah dengan menentukan titik elektroda arus dan potensial serta menanam limbah pa da kedalaman 10 cm. Kemudian mengalirkan arus pada elektroda yang telah ditancapkan pada titik-titik yang telah ditentukan tadi dan dilakukan pengambilan data beberapa kali. Setelah itu diberikan perlakuan berupa penginjeksian limbah dengan air sebanyak 3 liter ditunggu selama 1 jam dan dilakukan pengambilan data. Dilakukan lagi pengambilan data untuk 1 jam berikutnya. Ini dilakukan untuk mendapatkan nilai beda potensial arus dan Self Potensial (SP) yang ditujukan untuk mendapatkan perbedaan nilai resistiv itas. Pengolahan data yang didapat menggunakan software res2dinv untuk melihat pencitraan rembesan di bawah permukaan tanah.Dari pencitraan rembesan itu diketahui rembesan limbah pada arah vertikal dan horizontal. Berdasarkan pembahasan diperoleh nilai resistivitas pasir ketika diberi sampah semakin menurun . Sebelum terkontaminasi limbah domestic nilai resistivitasnya adalah 33510 937 m ketika terkontaminasi limbah domestik resistivitasnya turun menjadi 15370 937 m. Penurunan nilai resistivitas diperoleh dari perbedaan warna pada pencitraan yang dihasilkan oleh software res2dinv. Dari gambar dapat dilihat luasan sebaran semakin meningkat sebanding waktu yang diberikan. Dari sebaran terlihat bahwa limbah cepat menyeba r ke arah vertikal hal itu disebabkan karena pengaruh gravitasi bumi. Pada arah horizontal didapat persamaan kecepatannya y 2E-05x 0.081 dan kecepatannya merembesnya 0.000002 m/s. Sedangkan pada arah ve rtikal persamaan kecepatannya y 3E-05x 0.103 dan kecepatan merembesnya 0.000003 m/s. Sehingga kedalaman yang bisa dicapai selama 2 jam adalah 0.159 cm. Rancangan akusisi data yang paling sesuai untuk mendapatkan pola rembesan adalah dengan menggunakan spasi 5 cm karena jika kurang dari 5 cm maka akan menyebabkan konsleting dan juga volume yang paling baik digunakan adalah sebesar 3 liter.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Sep 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/20336

Actions (login required)

View Item View Item