Pengaruh pembelajaran kelompok dengan polakooperatif dan pola acak terhadap pertumbuhan konsep fisika siswa SLTP Laboratorium Universitas Negeri Malang kelas 1 semester 2 tahuna pelajaran 2002/2003 oleh Erfan Ahyadi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pembelajaran kelompok dengan polakooperatif dan pola acak terhadap pertumbuhan konsep fisika siswa SLTP Laboratorium Universitas Negeri Malang kelas 1 semester 2 tahuna pelajaran 2002/2003 oleh Erfan Ahyadi

Ahyadi, Erfan (2010) Pengaruh pembelajaran kelompok dengan polakooperatif dan pola acak terhadap pertumbuhan konsep fisika siswa SLTP Laboratorium Universitas Negeri Malang kelas 1 semester 2 tahuna pelajaran 2002/2003 oleh Erfan Ahyadi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pembelajarank elompokd enganp ola kooperatif belum banyak dipraktekkand i SLTP Indonesi4 karenad ampak positiftya belum begitu dapat dirasakan(K oes 2 000). Pembelajarank elompoky ang adab iasanyad ilakukan denganc araa cak s ehinggah asil dari prosesp embelajarank urangd apat dirasakanH. al ini berdasarkanh asil wawancarad enganb eberapag uru SLTP di Jawa Timur yang mengikuti action research (2001) menunjukkan bahwa dampak positifnya belum dapat terlihat (Koes 2002). OIeh sebab itu penelitian ini berhljuanu ntuk mengetahupi ola interaksi siswad alam kelompok siswaS LTP yangd irancangd enganp ola kooperatif.D i sampingi tu penelitiani ni bertujuan untukm engetahupi engaruhp ola interaksi siswat erhadapp ertumbuhank onsep Fisika siswa SLTP. Penelitiani ni termasukje nis penelitiant ak murni (quasi exsperiment) dengand esainy ang dipilih adalahm odel hibrid. Populasip enelitiana dalahs iswa kelas I SLTP Laboratorium Universitas Negeri Malang tahun pelajaran 200212003S.a mpelp enelitiand ipilih secaraa cak s ehinggas ampely angt erpilih adalahk elas lb sebagaki elompok eksperimend an kelas ld sebagaki elompok kontol. Masing-masingk elas terdii 42 dan4 4 siswa d enganju mlah totials iswa sebanyak8 6 siswa. Datat entangi nteraksi dianalisiss ecarad eskriptif sedangkand atat entang pertumbuhanko nsepF isika siswad ianalisisd enganr egresil inier. Untuk mengetahupi erbedaanp ertumbuhank onsepF isika antarap ola kooperatifdengan polaa caks elanjutnyad ianalisisd enganu ji T-test untuk kesejajarand ua garis regresi. Hasil analisism enunjukkanh al-hal sebagabi erikut. Pertamap ola pengelompokakno operatifd apatm enumbuhkank ebersamaadna n saling kebergantungaann tara nggotak elompok.K edua p ertumbuhank onsepF isika siswa yang dikelompokkan dengan pola kooperatif lebih tinggi dibandingkan pertumbuhanko nsepF isika sisway ang dikelompokkand enganp ola acak

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 07 Sep 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/20329

Actions (login required)

View Item View Item