Fahmi, Nasrudin (2010) Faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam pemberdayaan laboratorium sebagai penunjang dalam pembelajaran fisika di SMPN Kecamatan Kandangan Kabupaten Hulu Sungai Selatan Kalimantan Selatan oleh Nasrudin Fahmi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Laboratorium fisika merupakan salah safu penunjang terbentuknya proses pembelajaran yang sangat baik dalam mencapai tujuan pembelajaran fisika. Untuk itu laboratorium fisika perlu diberdayakan secara optimal dari segi pangelolaan dan pemanfaatan sehingga dapat membantu siswa meningkatkan penguasaan konsepf isika pengetahuann yata dan pengembangank eterampilans ertam embina siswa untuk mempunyai sikap teliti jujur dan hati-hati. Penelitian ini bertujuan rmtuk mengetahui faktor-faktor pendukung dan penghambatd alam pemberdayaanla boratorium IPA sebagaip emrnjangd alam pembelajaran fisika. Penelitian ini dilaksanakan di enam sekolah sMP Negeri di Kecamatan Kandangan Kabupaten Hulu Sungai Selatan pada semester I tahun ajaran200312004. Penelitian ini merupakan studi survei dalam bentuk deskriptif jenisnya adalah kumtitatif. Analisis yang digunakan adalah telnik analisis persentasi. Hasil penelitian menunjukan adanya faktor-faktor pendukung dan penghambatd alarnp emberdayaanla boratorium IPA. Faktor yang mendukung adalah sudah ada guru-guru fisika yang merupakan lulusan diploma III fisika walauprmj umlahnya masih sedikit. Sebagianp ernahm engikuti per atarante ntang pemberdayaanla boratorium. Ruang laboratorium yang dilengkapi fasilitas serta pemanfaatanla boratorium cukup baik. Adapun faktor yang menghambata ntara lain adalaht idak ada dana untuk penambahanfa silitas laboratorium. Sertak ondisi guru-guru fisika yang masih didominasi oleh lulusan bukan dari pendidikan fisika. Disarankan kepada para kepala sekolah maupun guru-guru fisika dan para siswa agar lebih memperhatikm kondisi laboratorium mereka. Kepadapara guru fisika khususnyaa gar lebih memperhatikanp embelajaranm enggunakanla boratorium unhrk memacus emangatp ara siswa supayal ebih bersemangadt alam belajar fisika.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 07 Sep 2010 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2010 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/20327 |
Actions (login required)
View Item |