Hubungan antara lingkungan belajar dan prestasi belajar fisika kelas II pada Madrasah Aliyah Pacet Mojokerto oleh Zainul Arifin

Arifin, Zainul (2010) Hubungan antara lingkungan belajar dan prestasi belajar fisika kelas II pada Madrasah Aliyah Pacet Mojokerto oleh Zainul Arifin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Arifin, Zainul 2003. Hubungan Antara Linglangan Belajar dan Prestasi Belajar Fisika Kelas II Pada MA Pacet Mojokerto. Skripsi Jurusan Pendidikan Fisika, FMIPA UNIVERSITAS NEGERI MALANG. Pembimbing : (l) Drs. Siswadji, (2) Drs. H. Edi SuprianaM, .Si. Kata-kata Kunci : LingkunganB elajar,P restasBi elajar Fakor-faktor yang mempenganrhi belajar digolongkan menjadi faktor intemal dan faktor eksternal. Faktor ekstemal yang berpengaruh terhadap keberhasilans iswaa dalahl ingkungans osialm aupunl ingkungana lamiah,d alam hal ini termasuk lingkrmgan belajar siswa. Sehingga perlu diadakan penelitian tentang pengaruh lingkungan belajar terhadap prestasi belajar fisika kelas II pada Madrasah Aliyah Pacet Mojokerto. Adapun rumusan masalah dalrn penelitian adalah adakah hubturgan lingkungan belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas ll MA Pacet Mojokerto. Penelitian jni bertujuan untuk mengetahui hubungan antara lingkungan belajar dan prestasi belajar fisika. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas ll MA Pacet Mojokerto dengan sampel kelas II A dan kelas Il B yang masing-masingju mlah siswanya3 8 sehinggas ampelk eseluruhans ebanyak7 6 siswa, dan penelitian ini merupakan penelitian sensus karena sampelnya menrpakan seluruh anggota populasi. lnstrumen dalam petrelitim ini benrpa kuesioner dan tes prestasi belajar fisika, dan instrumen diujicobakan pada siswa kelas II MA. Negoi Mojosari Mojokerto. Penelitiani ni merupakanp enelitian expostf acto yang bersifat korelasional. Variabel yang tedibat dalam pmelitian ini adalah lingkungan belajar sebagai variabel bebas dan prestasi belajar fisika sebagai variabel terikat. Data lingkungan belajar didapatkan dari angket, sedangkan data prestasi belajar diperoleh dari tes presasi fisika. Dari hasil analisis uji korelasi dikaahui bahwa terdapat hubungan yang positif antarali ngkunganb elajart erhadapp restasbi elajarf isika dengank oefisiur korelasi0 ,839 yang berarti terdapaht ubunganp ositif antaral ingkunganb elajar terhadap prcstasi belajm fisika. Kesimpulan dari analisis data menunjukkan bahwa ada hubungan antara lingkungan belajar dan prestasib elajar fisika siswak elas lI. Berdasarkanh asil penelitian ini salah satunya diharapkan agar siswa lebih meningkatkan pengawasand iri terhadapp ergauland i lingkungat sekitarnya. Berdasarkan kesimpulan penelitian maka disarankan kepada orarg tua siswa untuk lebih memotivasi belajar kepada putranya dan ikut membuat kondisi lingkunganb elajary ang menunjangk eberhasilanb elajarnyaK. epalas ekolahd an Grnu supaya meningkatkan intensitas komunikasi antila sekolah dengan orang tua baik melalui surat maupun bertatap muka secara langsung. Kepada siswa supaya tidak terpargaruh oleh lingkungan yang tidak mendukungp encapaianb elajar secarao ptimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Fisika (FIS) > S1 Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Sep 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/20323

Actions (login required)

View Item View Item