Upaya peningkatan prestasi belajar fisika aspek kognitif dan psikomotor melalui pembelajaran CTL model inkuiri pada pokok bahasan hukum OHM dan hambatan pada siswa kelas III SLTP Negeri 1 Malang oleh Syahidin Noor - Repositori Universitas Negeri Malang

Upaya peningkatan prestasi belajar fisika aspek kognitif dan psikomotor melalui pembelajaran CTL model inkuiri pada pokok bahasan hukum OHM dan hambatan pada siswa kelas III SLTP Negeri 1 Malang oleh Syahidin Noor

Noor, Syahidin (2010) Upaya peningkatan prestasi belajar fisika aspek kognitif dan psikomotor melalui pembelajaran CTL model inkuiri pada pokok bahasan hukum OHM dan hambatan pada siswa kelas III SLTP Negeri 1 Malang oleh Syahidin Noor. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan pemerintah mengembangkaknu rikulum baru y aitu Kurikulum BerbasisK ompetensi( KBK) Dalamk urikulum berbasisk ompetensi p embelajarand ilaksanakand engan metodes trategid an teknik yang dapatm emberikank ompetensik epadas iswa. Untukm encapaki ompetensyi ang diinginkarqm aka perlu dikembangkans uatu pembelajarayna ng benar-bbnamr elibatkans iswas ecaraa ktif untuk memperoleh pengetahuadna n keterampilan.S alahs atup embelajarany ang sesuaid engan kurikulumb erbasisk ompetensia dalahp endekatanC ontextualT eacinga nd Learning( cTL) yaitu suatup rosesp embelajarany ang dikaitkan dengank onteks dimana siswa berada. Penelitiani ni bertujuanu ntuk mengembangkansk enariop embelajaran crl- model inkuiri untuk meningkatkan prestasi aspek kognitif dan psikomotor melaluip embelajaranC TL model inkuiri padap okok bahasanh ukum ohm dan hambatanp adas iswak elasI II-F SLTP Negeri I Malang. Penelitiani ni menggunakanp endekatank ualitatif denganje nis penelitian tindakank elas.P enelitiani ni dilaksanakand i SLTPN egeri I Malang. Subyek penelitiana dalahs iswak elasI II F SLTPN egeri I Malangy angb erjumlah4 3 orangs iswa.K eseluruhanp enelitiand ilaksanakand alam dua siklus yaitu siklus I selama4 jam pelajaran(2 kali pertemuand) ans iklusI I selama6 jam pelajaran(3 kali pertemuan)S. elamas iklus dilaksanakand iadakanp engamatana spekk ognitif dan psikomotor siswa. Selamap elaksanaanti ndakan hasilnyam enunjukkans iswat ertarik dengan metodep embelajarante rsebut.P adaa spekk ogrritif terjadi peningkatann tlai ratarata yang diperoleh siswa. siklus I nilai rala-rata 87 51 meningkat menjadr 92 79 padas ilusI I. Peningkatany ang terjadi tidak terlalu signifikan tetapi sudah dikatan meningkat. Pada aspek psikomotor relatif meningkat dari siklus I ke siklus II. Untuk ketarampilanm engamati s iswat etapm ampum enggunakanin deranya untukp engamatadna ri siklus I ke siklus II. Menafsirkanr rengamatamn engalami penurunand ari 81 39o/mo enjadi 52 48o/oh al ini karenam ateri siklus II lebih sukar dari siklusI . Menafsirkanp engamatanm engalamip eningkatand an75 97% menjadi9 3%.M enggunakana lat dan bahanm engalamip eningkatand ari4l 26 menjadi6 5 070/hoa l ini disebabkans iswas udaht erbiasam enggunakana lat. Berkomunikasmi engalamip eningkatand ri 66 3%m enjadi 84 850/od an mengajukapne rtanyaajnu ga meningkadt an27 9%m enjadi4 4 5%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Sep 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/20321

Actions (login required)

View Item View Item