Paini (2010) Penerapan pembelajaran model generatif dalam upaya meningkatkan keterampilan proses fisika mahasiswa pendidikan fisika angkatan 2003/2004 FMIPA di Universitas Negeri Malang oleh Paini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Penerapapne mbelajaraFni sikaD asarI di JurusanF isikaF MIPA UM selamain i berlangsungd enganm etodec eftlmahy ang hanyam enekankanp ada kajiant eori a nalisisp enurunanru musd anl atihans oal.H al ini berakibat timbulnyak esulitanm ahasiswad alamm engkaitkank onsepf isika yangd ipelajari denganp eristiwas ehari-hardi anr endahnyap enguasaakne terampilanp roses mahasiswaB. erdasarkank enyata nit u perlu adanyam odel pembelajaranb aru untukd iujicobakand alamp embeiajaraFni sikaD asarI . Model pembelajarabna ru yangd iujicobakand alamp enelitianin i adalahm odelb elajarg eneratifberbasis konstruktivisme yang terdiri dari 4 tahap yaitu tahap eksplorasi tahap proses sains t ahapt antangand an tahapp enerapank onsep.D alam pembelajaranin i mahasiswad iberik esempatasne luasluasnyau ntuk mengajukanh ipotesisa wal terhadapg ejalaf isis yang teramati. Yang menjadi permasalahannyaad alah bagaimanakaphe nerapanp embelajaramn odelg eneratifd alamu payam eningkatkan keterampilanp rosesfi sika mahasiswa. Tujuan penelitiani ni adalahp enerapanp embelajaranm odel generatif dalamu payam eningkatkanke terampilanp rosesf isika mahasiswaP endidikan Fisika Angkatan2003l2004 FMIPA di Universitas Negeri Malang. Rancangapne nelitiany angd igrrnakand alamp enelitianin i adalah penelitianti ndakank elas.P enelitianin i dilakukand alam2 siklust indakanS. iklus I denganp okokb ahasang ayag eseks tatikd ans iklusI I denganp okokb ahasan gayag esekk inetik. Penelitiani ni dilaksanakanp adas emesteIr tahuna jaran 20t03D00d4i JurusanF isikaF MIPA UM. Subyekd alamp enelitianin i adalah mahasiswaP endidikanF isika angkatan2 A n004 yang berjumlah2 9 mahasiswa yangt erdiri dari24m ahasiswap erempuand an5 mahasiswala kiJaki. Hasil analisis dan refleksi setelah dikenai tindakan pada siklus I dan siklus II menunjukkana danyap eningkatans ecarak eseluruhanu ntukm asing-masing keterampilanp rosesf isika yang dilatihka4 yakni melakukanp engurmata1n4 79o/o merumuskanh ipotesisI l 44Vo m erancanpge rcobaa1n6 3I 7o m elakukan percobaan1 5 85% menggunakaanla tp ercobaan9 41% m engumpulkadna ta g 4l% membuatk esimpulan78 lo/os ertamenlusund anm enyampaikalna poran 6 83%.D engana danyapeningkatanp enguasaaans pekk eterampilanp rosesi ni menunjukkanb ahwam ahasiswad alamb elajarf isika tidak hanyab elajar produknya saja melainkan juga belajar prosesnya
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 06 Sep 2010 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2010 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/20319 |
Actions (login required)
View Item |