Penggunaan set praktikum hambatan listrik dan hukum OHM dalam pembelajaran fisika untuk meningkatkan ketrampilan proses siswa kelas IIIA SLTPK Mardi Wiyata Malang tahun ajaran 2003/2004 oleh Sigit Inarsoyo Raharjo - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan set praktikum hambatan listrik dan hukum OHM dalam pembelajaran fisika untuk meningkatkan ketrampilan proses siswa kelas IIIA SLTPK Mardi Wiyata Malang tahun ajaran 2003/2004 oleh Sigit Inarsoyo Raharjo

Raharjo, Sigit Inarsoyo (2010) Penggunaan set praktikum hambatan listrik dan hukum OHM dalam pembelajaran fisika untuk meningkatkan ketrampilan proses siswa kelas IIIA SLTPK Mardi Wiyata Malang tahun ajaran 2003/2004 oleh Sigit Inarsoyo Raharjo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitianin i bertujuanu ntukn endeskipsikanp erygunan setp eraga prahikun hulxm obmd arrh ambafanlis rik dalamp embelajarafnis fta unnrk meningkatkakne trampilanp rosess iswa.F okusp enelitianin i addahk ct dibatan siswas ecana ktif dalsn prosesp errbelajrm dank etrampilanp rosess isway ang meliputik e8ampila m engamatim engklasifikasmi emprediksmi engukur maryimpulkand anm engkomunikasik8rr Penelitianin i menggunakapne ndekataknu alitatifd utgut subyek penelitians iswak elasI ILA SLTPKM ardi Wiyatal vtalangD. ota ata penelitian tentangp rosesp cmbelajarmd ank enampilanp tosces iswad igali dari berbagai sumbcrd ataa ntnrala in gunrf isikE s iswa L KS fowfoa kegiatanp embelajaran danjumal guru. Hasil observasai walm enunjuklcapnr osesp embelajarayna ngd ilaksanakan masihm enggmakmm etodec rsmEhM. ctodci ni kurangm clibatkang iswas ecara aktif Guu cendenmgle bih tif unnrkm enyampaitEmn steri.S ilop pasifs iswa dalan prosesp embelajaramn enunjukkanre ndahnyake runpilan prosess iswa. Keadaanin i mendorongd igrrnakannyaal atp eragad alamp ernbelajaranu nt meningkatkakne trampilanp rosess.i swa Hasilp enelitians clamas iklusI menuj kan bahwap roscsp anbelajaran dengana latp eragate lahd apatm enbud siswal ebih aktif Ketrampilanp roses siswam engalampi eninglotant e rutanap adak etrarpilan mengamati mengklasifilcasikamn e ngukudr an mernprcdiksPi. rdak ctnampilapnr osess iswa dalamm engkomrmikasikadna nm enyimpulkanb elun tanpak adanya p ningkstm H al ini disebabkaonl ehk urangt crlatibnyas iswau ntuk menggunakaknc uampilanp iosesi ni. Setelahd ilakukanp eftaikand alamc arap eiryaopaiand anL KS padas iklus II menunjukkanle bihm eningkatnyal aifins siswa.P erbaikanin i berakibat semakinm eningkatnysae muak etrampilanp roscss iswa.S emuak etrampilan prosesm aliadi tedatihd engaob aik kecualis atuk ebampilany aitu mengkommikasikaynm g meningksdt ngn nilai o up. Perbaikanp adas iklusI II menyebabkapn itrdcatonp adaa lcifitasb elajar dank erampilanp rosess iswa Padas iklusI II ini siswal ebih aktif dibandingkan dengans iklusI danI L Seluruhs iswam ampum aunjuktsn ketrmpilan proscs yangd imilikinya.S emuak etrampilanp rosesp adas iklusi ni tanpak meningkat denganb aik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Sep 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/20318

Actions (login required)

View Item View Item