Penerapan model pembelajaran generatif pada perkulihan fisika dasar dan dampaknya terhadap peningkatan pemahaman konsep fisika mahasiswa program studi pendidikan fisika tahun kuliah 2003/2004 Universitas Negeri Malang oleh Ratna Dwiasih - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran generatif pada perkulihan fisika dasar dan dampaknya terhadap peningkatan pemahaman konsep fisika mahasiswa program studi pendidikan fisika tahun kuliah 2003/2004 Universitas Negeri Malang oleh Ratna Dwiasih

Dwiasih, Ratna (2010) Penerapan model pembelajaran generatif pada perkulihan fisika dasar dan dampaknya terhadap peningkatan pemahaman konsep fisika mahasiswa program studi pendidikan fisika tahun kuliah 2003/2004 Universitas Negeri Malang oleh Ratna Dwiasih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Metode pembelajaran Fisika Dasar I di UlvI pada umumnya menggunakan metode ceramah yang biasanya menekankan pada kajian teori analisis penurunan rumus dan latihan soal sehingga pengamatan gejala fisis sangatlah kurang. Hal inilah yang diduga menjadi penyebab konsep yang diperoleh mahasiswa tidaklah utufu sehingga dapat mengakibatkan pemahaman konsep dasar mahasiswa kurang kuat. PadatraFl isika Dasar I merupakanm atakuliah yang memberikanl andasan teori dan konsepsi dasar bagi mahasiswa untuk menempuh matakuliah fisika lanjut. Oleh karena itu diperlukan suatu model pembelajaran yang dapat mengintegrasikana ntarak onsepd an gejala fisis secarau tuh. Salahs atum odel pembelajarany angdapatdigunakan yaitu model pembelajarang eneratifberbasis konstruktivisme. Dalam model pembelajaran ini mahasiswa diberi kesempatan untuk membanguns endiri pengetahuannyad an konsepsia wal mahasiswad apat teridentifikasi. Hal ini sangat pentin karena konsepsi awal mahasiswa sebelum mengikuti perkuliahanb elum tentu benar.A tas dasarp ermasalahante rs but m aka penelitian ini mengambil tindakan penerapan model pembclajaran generatif dan dampaknya terhadap peningkatan konsep fisika mahasiswa pada pekuliahan Fisika Dasar I. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pola salah konsep mahasiswa pada konsepsi awal dan peningkatan pemahaman konsep fisika pada mahasiswa setelah mengikuti pembelajaran model pembelajaran generatif. Penelitiani ni merupakanp enelitian kualitatif denganje nis penelitian tindakan kelas (C/assroomA ction Research .P enelitian ini berlangsungd alam dua siklus yahri siklus I menggunakan materi Gaya Gesek Statilq siklus II menggunakan materi Gaya Gesek Kinetik. Subyek penelitian adalah mahasiswa Prograrn Studi Pendidikan Fisika tahun kuliah2003/2004 tlM. Teknik pengumpulan daa menggunakan observasi pra tes dan pasca teq wawancar4 dan catatan lapangan. Tahaptahap dalam penelitian ini meliputi tahap pra penelitiarL pelaksanaanp enelitian analisis data dan laporan hasil penelitian.T eknik analisis data yang digunakan adalah reduksi dat4 paparan data penarikan kesimpulan verifikasi dan refleksi. Berdasarkanh asil analisis dan pembatrasand apatd isimpulkan bahwa model pembelajaran generatif yang diterapkan pada perkuliahan Fisika Dasar I dapat mendeteksi pola salah konsep fisika mahasiswa pada konsepsi awal dan dapat meningkatkan pemahaman konsep fisika mahasiswa Peningkatan pemahamank onsepi ni dapat dilihat dari peningkatanp ersentaseh asil pra tes dan pascat es yaitu pada siklus I sebesar2 9 50Yod an pada siklus II sebesar3 1 74%. I S ara umum saran dalam penelitian ini adalah sebaiknya para pengajar fisika baik guru maupun dosen mencoba menerapkan model pembelajaran generatif Hal ini karena model pembelajaran ini merupakan salah satu model pembelajarany ang dapatm endeteksik onsepsi awal mahasiswad an dapat meningkatkanp emahamank onsepf isika

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 06 Sep 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/20316

Actions (login required)

View Item View Item