Penggunaan alat peraga optik geometrik untuk meningkatkan keterampilan proses siswa kelas II SMAN 4 Malang tahun pelajaran 2003/2004 oleh Farid Haritsah - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan alat peraga optik geometrik untuk meningkatkan keterampilan proses siswa kelas II SMAN 4 Malang tahun pelajaran 2003/2004 oleh Farid Haritsah

Haritsah, Farid (2010) Penggunaan alat peraga optik geometrik untuk meningkatkan keterampilan proses siswa kelas II SMAN 4 Malang tahun pelajaran 2003/2004 oleh Farid Haritsah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Prosesp embelajaranfi sika di kelas IIz SMAN 4 Malang berfokusp ada aktivitasm engajaor leh guru.S iswam asihk urangd ilibatkand alamp roses pembelajaranK.o ndisi ini berdampakp adar endatrnyaa ktivitas belajar siswad an buruknyas ikaps iswat crhadapf isika. Rendahnyak eterampilanp rosess iswa merupakand ampakn yata dari prosesp embelajarany ang tidak berfokus pada sktivitasb elajars iswa. Penggunaana lat wragamerupakans alahs atua lternatif yang dapatd ipilih untukm engembalikanfo kus prosesp embelajaranp adaa ktivitas belajar siswa. Dengana lat peragap raktikum dan pendekatank eterampilanp rosesd alam pem6ehjarans iswa-berlatihd an mernbiasakand iri beraktivitasi Lniah. Perlahan namunp asti siswa akanm eningkatk eterampilanp rosesnya. Dampapk ositif selanjutnyas iswa memiliki sikap yang positif terhadapf isika. Penelitiani ni menggunakanp endekatank ualiatif berupap enelitian tindakank elas.P enggunaana lat pcragad enganp endekatanp rosesp ada pembelajarand iarahkanu ntuk melatih dan meningkatkana spek-aspek keterampilanp rosesp adad iri siswa.O bserva3pi da s iap prosesp embelajaran danr efliksi padas iap akhir siklus digunakanu ntuk memperolehin formasi evaluatif pada pening-katan kemampuan proses siswa. Penelitiand ilaksanakand alam 3 ahap penelitiany aitu observasia wal penelitian siklus I dan penelitian siklus II. Aktivitas pengambilan data dilakukan untukm eneliti adanyap eningkatank eterampilanp rosesd enganm enggunakana lat peragaP. emberianti ndakan siklus I dilakukan dengn memberikant indakan berupap enggunaana lat peragpp emantulanp ada cermin datar.K eterampilan prosesy ang dilatihkan terdiri dari pengamatan klasifikasi komunikasi i nterpretasid ata dan eksperimentasiS. edangkanp emberiant indakan siklus II dilakukan denganp engguftBn alat peragap embiasanp adal ensa cembungK. eterampilanp rosesy ang dilatihkan padas iklus II samad engany ang dilatitrkanp adas iklus t tetapi dengan.tingkayt ang lebih sulit. Perbedaanti ndakan yangd iberikan diharapkand apatm enunjuk ana danyap erbedaank ualitas. Pengumpuland ata dilakgkan sendiri oleh peneliti dengand ibantu oleh obsewer yang bertindak sebagai insrumen penelitian. Penelitianin i menghasilkatne muany aitup enggunaaanla t peragad apat meningkatkakne terampilapnr osess iswad anm empcrbaiksi ikaps iswat erhadap fisika.i ndikatork eterampilapnr osesb ertambahse tiapta happ enelitianD. emikian pulas ikaps iswam enjadis emakinb aik t ingkatk eterlibatanb ertambadha n bentukk omunikasbie rubahm er addi uaa rah.K esimpulayna ngd idapatkan adalahp enggunaaanla tp eragad alamp rosesp embelajarafinsi kam enjadi altematiyf angb aiku ntukd ilaksanakan. . I

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Sep 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/20311

Actions (login required)

View Item View Item