Rumkanah (2010) Upaya meningkatkan skap ilmah mahasiswa melalui pembelajaran generatif pada perkuliahan fisika dasar I tahaun ajaran 2003/2004 di Jurusan Fisika Universitas Negeri Malang oleh Rumkanah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Penerapanp embelajaranF isika DasarI di JurusanF isika UniversitasN egeri lMalang sementiairnai berlangsungd enganm etodec eramah y ang hanyam enekankanp adak ajian teori a nalisisp enunmanr umusd an latihan soal.M odel pembelajarans epertii ni tidak dapat 6ssacu malasiswau nark benikap ilmiah selamap embelefaranb erlangsungS. ikap ilmiah bagis eorangm ahasiswas angBdt ibutuhkans ekali terutamau ntuk menyempurnakan informasyi ang rnasukb erkaitand enganr mtaiyangdipelajari. Dengand emikian mahasiswdaa patb erpikir dengans empuma s ehinggad iperolehp emahamayna ng benar terhadapm ateriy angd ipelajari. Berdasarkanp adakenyataanin i perlu adanyam odel pembelajarabna ruy ang dicobakanu ntrk trjuan di atas y aitu modelb elajarg eneratif Dalamp embelajaranin i malssiswa diberi kesempatans eluas-luasnyuan tuk mengajukan hipotesiste rffip gejala aual yang diamati. Berdasarkanm asalahny4r nakad alam penelitianin i tindakany ang dipilih adalahp enerapanp embelajarang eneratifdalam pembelajaraFn isika DasarI . Penelitiani ni bertujuanu ntuk mengetahudi ampakp embelajarang eneratift erhadap sikapi lmiah mahasiswaP enelitiani ni marggunakanpendekataknu alitatif denganje nis penelitiant indakank elas( PTK). Dalam penelitiani ni ada3 ahap yaitra (l) tahap prapenelitian( 2 ) ahap penelitiant indakank elas y ang terdiri dari tahapp rencanaan pelaksanaatnin dakand an observasis ertat ahapr efleksi (3) tahapp elaporanT. ahap pelaksanaatnin dakand ilaksanakand alam2 siklus yakni siklus i menggunakamn ateri pya geseks tatik rtan siklus II menggrmakanm ateri gayag esekk inetik. Hasil penelitianm enunjukkan b ahwai mplementasip embelajarang eneratifs ecarau mum rnembawad ampaky aitu dapatm eningkatkans ikap ilmiah mahasiswaB. erdasarkanh asil penelitiand apatd isimpulkan b ahwap enerapanm odel belajarg eneratifd alam pembelajaraFni sika DasarI cukup efektif untuk dijadikanbatnn rekonstruksi pembeladarateno ri FisikaDasar I yang selamai ni masihd idominasio leh metodec ermah. Secara umum saran yang perlu diperhatikan dari hasil penelitian ini adalah hmdalcryap endidik yang masihb erdasarkanm etodec eramah lam proses pembelajarannybae ralih padam odel belajarg eneratif.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 20 Sep 2010 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2010 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/20307 |
Actions (login required)
View Item |