Wahidah, Fathul Nur (2010) Implementasi pembelajaran berbasis konstruktivis untuk meningkatkan prestasi belajar pada aspek kognitif dan aspek psikomotorik siswa kelas II semester II SMU Laboratorium Universitas Negeri Malang oleh Fathul Nur Wahidah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK wahidah F.N. 2003.I mplementasPi embelajaranB erbasisK onstruktivis untuk MeningkatkaPn restasiB elajarp ada AspekK ognitif danA spek PsikomotorikS iswaK elas II SemesteIrI SM(JL aborstorium (Jniversitas NegeriM alang.S kripsi P rogramS tudiP endidikanF isikaJ urusanF isika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing( I ) Drs.M uhardito M.Si (D Drs. Dwi Haryoto M .pd. Kata-katak unci prestasbi elajar k ognitif psikomotorikk onstruktivis. Secarau mum s iswam emandanpge lajaranfi sika sebagapi elajarany ang tidakm enarik t idak menyenangkanb a hkanm enakutkan s ehingga mengakibatkadna yas eraps iswar endaht erhadapm ata pelajaranf isika. Hal ini disebabkakna renag uru lebih seringm enggunakanm etodec eramah s ehingga yangte rjadia dalahk omunikassi atua rah. Terdapatb eberapap endekatany ang berorientasip adak eterlibatans iswa secara ktifuntuk membanguns endiri pengetahuannyaS. alahs atunyaa dalah pembelajarabne rbasisk onstruktivismeP. embelajarainn i menekankabna hwa pengetahuahna rusd ibanguns endiri oleh siswab erdasarkanp engetahuanya ng telahd imiliki sebelumnya. Penelitiainn i bertujuanu ntuk ( I ) mengetahueif ektivitasp embelajaran berbasikso nstruktivisd alamm eningkatkanp restasbi elajarf isika siswak elasI I semesteIIr SMU LaboratoriumU M padaa sp kk ognitif (2) mengetahui efektivitasp embelajaranb erbasisk onstruktivis dalam meningkatkanp restasi belajafri sika siswak elasI I semesteIrI SMU LaboratoriumU M padaa spek psikomotorik( 3 ) mengetahuhi ambatan-hambatyaann gm unculs elama diterapkannypae mbelajaranb erbasisk onstruktivisd i SMU laboratoriumU M. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang berbentuk tindakan kelasy angd irancangd alam dua siklus. Pembelajaranyangd iterapkana dalah pembelajarabne rbasisk onstruktivismey angm engikutim odels iklusb elajar. Siklusb elajart erdiri dari tigatahap y aitu tahape ksplorasit a happ engenalan konsepd an tahapp enerapank onsep.M asing-masings iklus terdiri dari empat tahap y aitu rencanat indakan p elaksanaanti ndakan o bservasi d an refleksi. pada siklusI pretesd ilaksanakans ecarab ergantiand alam setiapk elompokb esar sebelumm elakukanp ercobaanP. adas iklus II pretesd ilaksanakans ecaras erentak di awal pelajaran. Hasil penelitianm enunjukkanp eningkatanp restasib elajar padaa spek kognitifsebesa4r 7%od ari nilai rata-rata4 3 padas iklusI menjadi6 3 padas iklusI I. Prestasbi elajars iswap adaa spekp sikomotorikm eningkats ebesalr3 %od ai ratarata skor 206 wda siklus I menjadi 232 pada siklus II. Dengan demikian dapat dikatakanb ahwap embelajaranb erbasisk onstruktivismed apatm eningkatkan prestasbi elajarf isika siswap adaa spekk ognitif dana spekp sikomotorik walaupunp adap elaksanaanytae rdapath ambatan-hambatanH.a mbatan-hambatan tersebuta dalaht erbatasnyaa lokasiw aktu dan minimnya saranad an prasarana yang tersedia.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 01 Sep 2010 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2010 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/20304 |
Actions (login required)
View Item |