Wahyuningdiyah, Endang Sri (2010) Pemberian bimbingan berpikir kreatif untuk meningkatkan pola pikir kreatif, motivasi, dan prestasi belajarfisika siswa kelasI SLTP Negeri 10 Malang oleh Endang Sri Wahyuningdiah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Fisikam erupakans alahs atuc abangIl mu PengetahuaAnl am yangd iperoleh melaluim etodei lmiah. Salahs atut ujuanp embelajarafnis ika SLTPa dalahm eningkatkand ayan alar untuk memecahkanm asalahs ehari-harit erutamay angb erkaitan denganp emahamank onsepf isika atau prinsip fisika. Oleh karenai tu dalam pembelajaranf isika harusd apatt e adi prosesil miah antaral ain denganm elaksanakapnr oses pembelajarand enganm etoded emonstrasdi an eksperimend isertai bimbinganb erpikir kreatif. Melalui bimbingan berpikir kreatif guru melatih siswa mengembangkan ketrampifanb erpikirnyad enganc aram engamatmi emperhatikanm enginfer m encari persamaand an perbedaans etelahp adas aata tau sesudahd iperlakukan m enentukan hubungans ebaba kibat k orelasi g eneralisaskil asifikasid anh irarki sehinggad apat meningkatkanp ola pikir kreatif sisway angb erdampakp adam eningkatnyam otivasi siswad ank eaktifans iswau ntukm emahamkio nsepy angb erimplikasdi ampakp raktis padap eningkatanp restasbi elajarf isika siswa. Berdasarkahna l di atas m akap enelitiani ni bertujuanu nhrkm elihatp engaruh dari pemberianb imbinganb erpikir kreatif selamap rosesp embelajaratne rhadapp eningkalanp ola pikir kreatif siswa m otivasid ank eaktifans iswas ertap restasbi elajarf isika siswas elamap rosesp embelajaranb erlangsungP. embelajarand ilaksanakand engan menggunakamn etoded emonstrasdi ane ksperimend isertaid enganb imbinganb erpikir kreatifpada pokok bahasan suhu. Peneilt i an ini rne ng gunakanp endekataknu ali tatif deng anj enis peneilt i an tindakank elas.S umberd atab erasadl ari SLTPN egeri l0 Malang.S umberd atad iklasifikasikana tasd atap rimer dand atas ekunderD. atap rimerb erupap ertanyaan-pertanyaan dalamb imbinganb erpikir kreatif yang diajukan guru danj awaban-jawabans iswa. Sedangkand ata sekunderb erupan ilai ulanganh arianp adap okok bahasanp esawat sederhansae rtah asil wawancarag urud ans iswa.T eknik pengumpuland atay angd igunakana dalaho bsewasiw awancarad and okumentasiT. eknik analisisd atay angd igunakany aitu (1) reduksid te ( 2) displayd ata ( 3) kesimpulanv erifikasid anr efleksi. Hasil analisisd atad apatd isimpulkanb ahwa s iswad apatm eningkatkanp ola pikir kreatifnyat erlihatp adap erilakuk ogaitif siswab erpikirl ancar b erpikirl uwes berpikir orisinal dan berpikir terperinci dalamm enjawabp ertanyaan-pertanyaaanta u instnrksis ebagabi imbinganb erpikir kreatif meskipunm asih memerlukant untunan dan acuan unfuk rnenjawab wrturyaangunr dan motivasi dalam diri siswa meningkat yangb erdampakp adak eaklifans iswas elamap rosesp embelajaranh a l ini terlihat padap erilakua fektif siswa b eranim engambirl esiko m erasakanta ntanganr a sai ngin tahu i rnajinasis ehinggap emaharnasni swap adak onsepm enyeluruhy angb erimplikasi dampakp raltis padap restasbi elajars iswam eningkatt e rlihatd ari nilai rata-rata ulanganh arians ebelumd iberi tindakan( padap okokb ahasanp esawast ederhana) sebesa4r8 2m enjadi6 1 0p adan ilai rata-ratak elasu langanh arians esudahd iberi tindakan (pada pokok bahasan suhu). Dalam penelitian ini disarankan untuk lebih meningkatkan kuaritas pembelajaran dengan bimbingan berpikir kreatif karena pemberian bimbingan ini lebih meningkatkanp ola pikir siswad alam memahamik onsepd an siswaa kant ermotivasi belajary angb erdampakp adak eaktifans iswad alamp ernbelajarakna renas elalu ditanyao leh guru s ehinggap emahamasni swap adak onsepm enyeluruhd and apat meningkatkanp restasbi elajars iswa. ii
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 27 Aug 2010 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2010 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/20292 |
Actions (login required)
View Item |