Upaya peningkatan kemampuan keterampilan proses dan prestasi belajar fisika siswa kelas I-3 SMU Negeri 1 Malang tahun ajaran 2003/2004 melalui pembelajaran konstektual (CTL) model inkuiri oleh Kamrani - Repositori Universitas Negeri Malang

Upaya peningkatan kemampuan keterampilan proses dan prestasi belajar fisika siswa kelas I-3 SMU Negeri 1 Malang tahun ajaran 2003/2004 melalui pembelajaran konstektual (CTL) model inkuiri oleh Kamrani

Kamrani (2010) Upaya peningkatan kemampuan keterampilan proses dan prestasi belajar fisika siswa kelas I-3 SMU Negeri 1 Malang tahun ajaran 2003/2004 melalui pembelajaran konstektual (CTL) model inkuiri oleh Kamrani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Berbagai upaya telah dilakukan untuk meningiatkan hasil belajar disekolah salah satu upaya yang dilakukan adalah menerapkan berbagai pendekatan dan metode dalam pembelajaran. Pendekatan dan metode yang digunakano leh guru dalam prosesp embelajaranm emiliki perananp enting dalam menentukanke berhasilanb elajar siswa.P enelitiani ni bertujuanu ntuk mengetahui peningkatan kemampuan keterampilan proses dan prestasi belajar fisika siswa melalui pembelajaran kontekstual (CTL Contextual Teaching and Learning) model inkuiri yang dalam pelaksanaannyate rdiri dari empat tahapan yakni (l) tahap pengajuan masalah (2) tahap penstrukturan masalah (3) tahap pengajuanh ipotesis d an (a) tahapp elaksanaane ksperimen. Subjek penelitian adalah siswa kelas I-3 SMU Negeri I Malang tahun ajuan 200312004y ang berjumlah 4l siswa terdiri dari 14 siswa pufa dan 27 siswap utri. Penelitianm elalui pembelajarank ontekstual( CTL) model inkuiri ini menggunakanp endekatank ualitatifdenganjenis penelitiant indakank elas (PTK). Tahapan-tahapand alam penelitian ini sesuai dengan tahaptahap dalam PTK yakni (1) perencaruurntin dakan (2) pelaksanaanti ndaka4 (4) obsevasi d an (5) refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yaitu siklus I dengan materi GLBB dan siklus II dengan materi gerak melingkar beraturan (GNB). Ilasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan keterampilan proses dan prestasi belajar siswa kelas I-3 SMU Negeri I Malang tahun ajaran 200312W4 mengalami peningkatan. Peningkatan keterampilan proses siswa ditunjukkan dengan meningkatnya rerata skor keterampilan proses siswa dari siklus I (3 58) ke siklus II (4 46) sebesar 0 88. Sedang peningkatan prestasi belajar siswa ditunjukkan dengan meningkatnya selisih rerata nilai post-test pada siklus I (62 13)d an siklus II (70 37) sebesar8 24. Dar . hasil penelitiant ersebutd apat ditarik kesimpulan bahwa penerapan pembelajaran kontekstual (CTL) model inkuiri dapat meningkatkan kemampuan keterampilan proses siswa dan prestasi belajar fisjka siswa kelas I-3 SMU Negeri I Malang tahun ajaran 2003-2004. Berdasarkanh asil penelitiand i atas m aka sarany angdapt diajukany aihr (1) pembelajaran fisika dengan pendekatan Kontekstual (CTL) model inkuiri dapat dijadikan altematif bagi guru untuk meningkatkan kemampuan keterampilan proses dan prestasi belajar siswa (2) dilakukan penelitian lebih lanjut misalnya untuk materi pelajararl kelas dan jenjang pendidikan yang berbeda dan (3) sekolah lebih memperhatikan ketersediaan alat-alat praktikum walaupun sederhana sehingga pembelajaran kontekstual (CTL) model inkuiri dapatd ilaksanakand alamp embelajaranfi sika.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 24 Aug 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/20280

Actions (login required)

View Item View Item