Penerapan pendekatan contextual teaching and learning (CTL) model inkuiri untuk meningkatkan sikap ilmiah dan prestasi belajar fisika siswa kelas II semester I SMU Laboratorium UM tahun pelajaran 2003/2004 oleh Yuni Haryati - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pendekatan contextual teaching and learning (CTL) model inkuiri untuk meningkatkan sikap ilmiah dan prestasi belajar fisika siswa kelas II semester I SMU Laboratorium UM tahun pelajaran 2003/2004 oleh Yuni Haryati

Haryati, Yuni (2010) Penerapan pendekatan contextual teaching and learning (CTL) model inkuiri untuk meningkatkan sikap ilmiah dan prestasi belajar fisika siswa kelas II semester I SMU Laboratorium UM tahun pelajaran 2003/2004 oleh Yuni Haryati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Berdasarkaonb servasai wald anw awancarad engang uruf isika di sMU LaboratoriumU M rata-ratap restasbi elajarf isika siswak etikak elasI adalah5 62 Hasilt ersebumt asihm enunjukkana ngkay angr elatif rendah.A dapunm etode belajarm engajayr angd ilakukans elamai ni adalahc eramaldt and emonstrasDi. art hasiip engamatadni temukanb ahwak eterampilans iswau ntukt erlibatl angsung dengana iat percobaanr endah k eingintahuans iswa terhadapk ejadianp ada dem-onstrasai nd percobaamn asihr endahs ehinggas ikapi lmiah siswat idak dapat dikembangkanU.n tuk itu perlu dicobap embelajarabna rud enganp endekatan pembelaja rakno ntekstua(lC TL) modeli nkuiri. Melalui penelitianin i dikaji apakahs ikapi tmiahd an prestasbi elajarf isika siswam eningkats ebagadi ampak darip endekatapne mbelajarakno ntekstual Penelitianin i bertujuanu ntukm engetahupi eningkatans ikapi lmiah dan prestasbi elajars iswak elasi I-4 SMU LaboratoriumU M. Penelitianin i dilaksanakaunn tukp okokb ahasanra ngkaianli strik aruss earahp adas emesteIr tahunp elajaran2 0031200d4i SMU LaboratoriumU M. Aspeks ikapi lmiah yang diteliti adalahk emarnpuabne rtanyak emampuanb erpendapat/menjawabbe r ani bertanya k eaklifan/keterlibatand alam prosesb elajar menghargapi endapaot rang lain memiliki rasa ingin tahu dan kejujuran dalam mengambil data Penelitianin i menggunakapne ndekataknu alitatif denganje nis penelitian tindakank elas( C/asrro omA ctiortR esearcltm) elalui3 siklust indakan Tindakan yangd iberikand alamp enelitiani ni adalahp embelajarakno ntekstuadl engan model inkuiri yangt erdiri dari 4 tahap y aitu tahapp engajuanm asalaht a hap penstrukturanm asalah t ahapp engajuanh ipotesisd an tahapp elaksarraan eksperimen. Hasil penelitiand isimpulkanb ahwap adas iklusI persentasjuem lah rataratas isway angm emenuhai speks ikapi lmiah 37 2 % siklusI I 46 40/od ans iklus lII62Vos ecarau mums ikapi lmiah selamap embelajaramn eningkatP. adaa spek kognitif prestasbi elajarf isika siswa t erjadip eningkatann ilai rata-rctayarlg diperolehs iswa.s iklus I dengann ilai rata-rata77 8l padas iklusI I mengalami penurunand engann ilai rata-rata7 0 14k emudianm eningkamt enjadi8 0 1p ada siklus III.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 24 Aug 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/20278

Actions (login required)

View Item View Item