Perbedaan prestasi belajar siswa antara praktikum dengan LKS pengembanga dan tanpa LKS serta gambaran sikap ilmiah siswa kelas II semester I SLTP Negeri 4 Batulicin Tanah Bumbu Kalimantan Selatan oleh Waluyo Diantoro - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan prestasi belajar siswa antara praktikum dengan LKS pengembanga dan tanpa LKS serta gambaran sikap ilmiah siswa kelas II semester I SLTP Negeri 4 Batulicin Tanah Bumbu Kalimantan Selatan oleh Waluyo Diantoro

Diantoro, Waluyo (2010) Perbedaan prestasi belajar siswa antara praktikum dengan LKS pengembanga dan tanpa LKS serta gambaran sikap ilmiah siswa kelas II semester I SLTP Negeri 4 Batulicin Tanah Bumbu Kalimantan Selatan oleh Waluyo Diantoro. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pelaksanaakne giatanp raktikumd enganL KS yanga dad i SLTPN egeri4 BatulicinT anahB umbuK alimantanS elatanb erdasarkapne ngamatajna rang dilakukan walaupun ada kegiatan praktikum dengan LKS yang ada kurang mendukungs ituasid ank ondisis ekblahB. anyaks isway angb ersikapt idakjujur tidakb ersediam enerimap endapaat taut emuano rangl ain mudahp utusa sa d an kurang kritis. Penelitianin i bertujuanu ntukm engetahu(i1 ) mengetahupi erbedaan antarap restasbi elajars isway angd iajard enganp raktikumy angm enggunakan LKS hasilp engembangadna np raktikumt anpaL KS dan( 2) mengetahupi erbedaana ntaras ikapi lmiah sisway angd iajard enganp raktikum yangm enggunakan LKS hasil pengembangadna n praktikum tanpaL KS. Penelitianin i dilaksanakapna daS emeste1r Tahuna 1aran2003120y0a4i tu padab ulanJ uli sampadi enganA gustus2 003 b ertempadt i SLTPN egeri4 Batulicin TanahB umbuK alimantanS elatanP. opulasip enelitiany angd iambil srswa kelas2 . Sampeyl angd igunakans ebanya2k kelasy angb erjumlah8 0 sisway aitu kelas2 A dank elas2 8. Pengambilasna mpedl enganc araa cakb erkelompok. Sampepl enelitianin i dibagim enjadi2 kelompoky angm asing-masinkge lompok diberip erlakuany angb erbedaS. ebelumd iberi perlakuany angb erbedat e rlebih dahulud itentukank emampuana wal dari masing-masingk elompoky ang diambil dari nilai rataratau langanh ariank elas1 . Untuk mengetahusi ikapi lmiah siswa antarap raktikumd enganL KS pengembangadna nt anpaL KS makad igunakan teknik observasiS. edangkapnr estasbi elajars iswad iukur dengante s peningkatan prestasbi elajars iswas etelahm asing-masinkge lompokd iberi perlakuanU. ntuk memperolehg ambarante ntangt inggi ataut idaknyas ikapi lmiah siswaa ntara praktikum denganL KS pengembangadna n tanpaL KS maka datay ang diperoleh dari hasil pengamatanit u dapatd inyatakand enganp ersentase. Hasil penelitianm enunjukkanb ahwas ikapi lmiah siswap raktikumm enggunakanL KS hasilp engembangalenb ih baik dari tanpaL KS. Sedangkabne rdasarkanh asilh ipotesism enggunakaunj i-t satup ihak.H asil penelitianm enunjukkanb ahwaa dap erbedaayna ngs ignitikana ntarap raktikumd enganL KS pengembangand ant anpaL KS bahasanka lor yaitu t hitung 2 020 t tabel 1 667.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 20 Aug 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/20276

Actions (login required)

View Item View Item