Restuadyani, Suesti (2010) Pengaruh metode pembelajaran kooperatif model JIGSAW terhadap tingkat prestasi belajar fisika siswa kelas IISMU Nahdhlatul Ulama 2 Gresik oleh Suesti Restuadyani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Restndyani Suesti 2003. Pengaruh Metode Pembelajaran Kooperatif Model Jigsaw terhadap Tingkat Prestasi Belajar Fisika Siswa Kelas II SMU Nahdtatut Ulama 2 Gresik. Skripsi. Jurusan Fisika FMIPA. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Widjianto M.Kom. (II) Drs YudyantoM .Si. Ketr Kunci MetodeK ooperatif J igsaw P restasBi elajarF isika. Pemilihanm etodep embelajarans angatm enentukank ualitasd alam proses pembelajaranK.u alitas prosesp embelajarany ang baik berdampakp ada prestasi Lehiar sist a. Suatu inovasi pendidikan telah muncul dengan cara mempengaruhi pepgorganisasiakne las.P embelajarank ooperatif model jigsaw merupakanm odel pembelajaradna ri teori belajar sosial. Dalam pembelajaranm odel jigsaw satuan informasi/materpi lajwan yang besard ibagi menjadi komponen-komponenya ng lebih kecil. Para siswa dibagi ke dalam kelompok belajar kooperatif(asal) yang t rdiri dari empat orang si swa sehingga setiap anggota bertanggUng jawab terhadapp enguasaans etiap komponen/subtopiky ang ditugnskan. Siswa dari masing-66s14k elompoky ang bertanggungja wab terhadaps ubtopik yang sama membentuke lompohlagid isebuts ebagaki elompok ahli. Penelitiani ni bertujuan mengetahupi engaruhm etode pembelajarank ooperatif model jigsaw terhadap tingkatp restasbi elajarf isika siswak elast r sMU Nahdlatul ulama 2 Gresik. Sampel penelitian ini diambil dari populasi siswa kelas II semester 2 sMU Nahdlatul ulama 2 Gresik tahun pelajaran 2002/2003 yang terbagi menjadi 3 kelas. Sarnpel ditentukan secara acak kelas melalui undiar sehingga diperoleh kelasI lz sebagaki elompoke ksperimend enganju mlah 35 siswa.K elas IIr sebagai kelompokp embandingd enganju mlah 32 siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah desain eksperimen sesungguhnyaA.n alisis hasil penelitiany ang dipalei adalahu ji t gain score satu ekor.S ebelumd iuji t dilalrukanu ji normalitasd an homogenihs. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa yang diajar dengan metode pembelajarakno operatif model jigsaw mempunyait ingkat prestasib elajar fisika yang lebih baik daripada siswa yang diajar dengan menggunakan metode pembelaajr ank onvensional.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 20 Aug 2010 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2010 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/20271 |
Actions (login required)
View Item |