Meningkatkan motivasi dan prestasi belajar fisika dengan pendekatan SPIKK (sikap berpikir kritis dan kreatif) pokok bahasan bunyi siswa kelas II semester I SLTP Negeri 3 Belawang Kalimantan Selatan oleh Nani Susanty - Repositori Universitas Negeri Malang

Meningkatkan motivasi dan prestasi belajar fisika dengan pendekatan SPIKK (sikap berpikir kritis dan kreatif) pokok bahasan bunyi siswa kelas II semester I SLTP Negeri 3 Belawang Kalimantan Selatan oleh Nani Susanty

Susanty, Nani (2010) Meningkatkan motivasi dan prestasi belajar fisika dengan pendekatan SPIKK (sikap berpikir kritis dan kreatif) pokok bahasan bunyi siswa kelas II semester I SLTP Negeri 3 Belawang Kalimantan Selatan oleh Nani Susanty. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Fenomena yang tampak dari rendahnya motivasi belajar fisika siswa adalah anggapan siswa yang mengatakan bahwa fisika itu merupakan suatu bidang studi yang sukm dipahami. Di kelas 2A SLTP Negeri 3 Belawang Kalimantan Selatan indikasi rendahnya motivasi belajm fisika ini dapat dilihat ketika guru masuk kelas keadaan kelas sangat ribut dan siswanya tidak memperhatikan penjelasan guru. Ketika ditanya apakah sudah membaca buku fisika atau belajar di rumah siswa secata serentak menjawab belum- Nilai raport semester2 tahun pelajaran 200212003u ntuk bidang studi IPA untuk kelas I masih dibawah rata-rata hal ini perlu diadakan peningkatan prestasi belajar fisika siswa yang dapat dimulai dengan meningkatkan motivasi belajar fisika siswa. Pembelajarand enganp endekatanS PIKK ini menekankanp ada pengrasaan fisika melalui cara berpikir kritis dan kreatif. Pembelajaran dengan pendekatan SPIKK didominasi oleh tanya jawab dan diskusi. Tujuan penelitian ini adalah unhrk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar fisika siswa kelas 2 SLTP Negeri 3 Belawang Kalimantan Selatan melalui penerapan pembelajaran dengan peodekaan SPIKK. Penelitian ini dilaksanakan di SLTP Negeri 3 Belawang Kalimantan Selatanp ada semesterI Tahun Pelajaran2 003/2004.P endekatany ang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Jenis penelitian yang digrmakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Pengumpulan data dilalokan dengan prosedur observasi angket wawancara dokumentasi dan perekaman data. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan pendekatan SPIKK dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar fisika siswa kelas 2 di SLTP Negeri 3 Belawang Kalimantan Selatan untuk pokok bahasan bunyi. Hal ini dapat dilihat dari hasil perhitungan skor rata-rata motivasi dan prestasi betajm fisika siswa sebelum dan sesudah pemberian tindakan diberikan. Untuk angket motivasi meningkat dui 63 57 menjadi 71 95 dan untuk prestasi belajarm eningka t dari 52 03m enjadi72 3.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Aug 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/20270

Actions (login required)

View Item View Item