Tingkat Perkembangan intelektual dan korelasinya dengan prestasi belajar fisika murid kelas 3 SLTP Negeri Kotamadya Banjarmasin oleh Suharyono - Repositori Universitas Negeri Malang

Tingkat Perkembangan intelektual dan korelasinya dengan prestasi belajar fisika murid kelas 3 SLTP Negeri Kotamadya Banjarmasin oleh Suharyono

Suharyono (2010) Tingkat Perkembangan intelektual dan korelasinya dengan prestasi belajar fisika murid kelas 3 SLTP Negeri Kotamadya Banjarmasin oleh Suharyono. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Perkembangainn telektual m enurutt eori Piaget t umbuhd alamt ingkatantingkatan yang dalam setiap tingkat itu hanya mungkin unnrk dilakukan tingkat kegiatanb erpikir tertentu.U ntuk memahamif isika diperlukans uatut ingkat perkembangainn telektualt ertentuy ang dalamt eori Piagetd isebutt ingkat operatif formal. Adanya sekolah dengan NEM rata-rata seringkali lebih tinggi dari yang lain menimbulkand ugaana danyap erbedaanti ngkat pe embangani ntelektual muridnya.T ujuan penelitiani ni adalahu ntuk mengetahupi roporsim urid formal dari sekolahp eringkata tas m enengahd anb awahs ekaligusp erbedaanp roporsii tu antarp eringkats ekolah s ertau ntuk mengetahuki orelasia ntarat ingkat perkembangainn telektuald an prestasbi elajar fisika. Populasdi alamp enelitianin i adalahm urid kelas3 SLTPN egeri KotamadyaB anjarmasin d engans ampel9 0 orangt erdiri aas masing-masing1 0 orang dari 9 sekolah sampel yang terdiri atas 3 sekolah peringkat atas 3 sekolah peringkatm enengahd an 3 sekolahp eringkatb awahd engank omposisijenis kelamin5 0 50.P eringkats ekolahd itentukanb erdasarkanra ta-rataN EM tahun pelajaran1 999-2000R. espondend iukur tingkat perkembangainn telektualnya menggunakadnu a instrumen y akni tes wawancara( PTI) dant es obyektif OFI). Nilai prestasbi elajar fisika diambil dari nilai ulanganh ariany angd ilaksanakan olehm asing-masinggu ruf isika di kelass ampel. Dari analisisp erbedaanp roporsid engant arafsignifikan 0 05 ditemukan adap erbedaanp roporsim urid formal antaras ekolahp eringkata tasd anb awah (Znio.g 2 921 Z vset 1 96) s edangkaunn tuks ekolahp eringka ta s dant engah maupunt engahd an bawaht idak ditemukana dap erbedaanp roporsiC Ztio didapat1 943d an1 033)H. asila nalisisk orelasai ntarap restasbie lajafri sika9 k tingkat perkembanganin telektuald iukur dengank eduai nstrumend engan sigrrifikan0 05 untuk seluryhs ekolahs ampeld idapat1 6 6 9 0 59 1 r .t_l -- untukt esP TI dan1 6 or r 0J7)7 rtabel 0 207u ntukt esP OFI.D ari sqH regresi ganda didapat koefisien korelasi ganda skor tes POFI dan terhadapp restasib elajarf isika masing-masinga dalah0 82( abr 0 57 (bawah)d an 0 80 (keseluruhan)U. ji keberartianre grccig 4 nilaiZ nit o 7 5 69 lebih besadr arin ilai Zn ulr 2 71 Dtryt persamaanre gresig anday ang didapata dalahb eralti E Dari hasil-hasial nalisisd i atasd itarik kesimpulans ebagabi erikut. (l) muridk elas3 sLTP NegeriK otamadyaB anjarmasiny angt elahm encapai iingkatp erkembangaonp eratif formal proporsinyab ervariasia ntarab erbagar p ingkut sekolah dengan proporsi tertinggi pada sekolah peringkat atas (80 0 %) setotitrp eringkamt enengah(5 6 7% ) dant erendahp adas ekolahp eri_ngkbaat wah 3) %j (2) ierdapatp eiUedaanp roporsim urid formal antaras ekolahp eringkat itas dans ekolahp eringkatb awah s edangkana ntaras ekolahp eringkata tasd an sekolahp eringkatm enengahm aupuna ntaras ekolahp eringkatm enengahd an sekolahp eringtatu awahiiaat ditemukanp erbedaapnr oporsiy angb erarti ( 3) terdapakt orelasip ositifantara tingkat perkembanganin telektuald an prestasi belajarf isika murid kelas3 SLTPN egeri KotamadyaB anjarmasin.B erdasarkan hasiitemuand alamp enelitiani ni disarankank epadag uru fisika tingkat SLTP untukm emperbanyacko ntohk onkrit dalam pelajaran.K epadaK epala Sekolahd i KotamadyaBanjarmasidni sarankanu ntuk mendorongd ilakukannyap enelitian serupad i sekolahm asing-masingK.e padag uruf isika di KotamadyaB anjarmasin disarankanu nhrkm elakukanp enelitianl anjutanu ntuk mengetahufi aklor di luar tingkatp erkembanganin telekrualy ang ikut memberik ontribusi terhadapp restasi belajarfi sika param urid. 11

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 20 Aug 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/20268

Actions (login required)

View Item View Item