Penerapan kegiatan laboratorium mandiridan penerapan kegiatan laboratorium terbimbing dalam pencapaian prestasi belajar fisika siswa madasah aliyah negeri 2 kelas 1 semester 2 pada pokok bahasan kalor tahun pelajaran 2002/2003 oleh Umi Alfijati - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan kegiatan laboratorium mandiridan penerapan kegiatan laboratorium terbimbing dalam pencapaian prestasi belajar fisika siswa madasah aliyah negeri 2 kelas 1 semester 2 pada pokok bahasan kalor tahun pelajaran 2002/2003 oleh Umi Alfijati

Alfijati, Umi (2010) Penerapan kegiatan laboratorium mandiridan penerapan kegiatan laboratorium terbimbing dalam pencapaian prestasi belajar fisika siswa madasah aliyah negeri 2 kelas 1 semester 2 pada pokok bahasan kalor tahun pelajaran 2002/2003 oleh Umi Alfijati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Rendahnya daya serap siswa terhadap suatu pelajaran antara lain ditandaipula oleh rendahnya pemahaman siswa terhadap konsep yang diterima. Kondisi inididuga disebabkan oleh metode pembelajaran yang diterapkan kurang tepat. kegiatanlaborstorium terbimbingmerupakan salah satu metode yang mempunyai kelebihanmelatih siswa dalam memahami suatu konsep Fisika secara efektif dan efisien terutama pada bahasan kalor yang didasarkan atas pengalaman siswa sehari-hari.Penelitian yang dilaksanakan di Madrasah Aliyah Negeri 2 Madiundimaksudkan untuk beberapa tujuan apakah prestasi belajar Fisika siswa yang diajardengan menggunakan kegiatan laboratorium terbimbing lebih baik dari siswa yangdiajar dengan pendekatan kegiatan laboratorium mandiri. Penelitian dilaksanakan pada bulan Mei sampai dengan Juni 2003. Sampelpenelitian berasal dari kelas I semester II. Dari 7 kelas diambil sampel 2 kelas (76siswa) dengan teknik sampling kluster.Rancangan yang digunakan dalam penelitian adalah rancanganeksperimen semu. Sampel penelitian dibagi menjadi 2 kelompok kelas yang masingmasingdiberi perlakuan kegiatan laboratorium mandiri dan satu kelas dengankegiatan laboratorium terbimbing.Untuk mengetahui pengaruh perlakuan eksperimen maka digunakanteknik statistik uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan prestasibelajar antara siswa yang diajar dengan menggunakan kegiatan laboratorium mandiri( 62.053 ) dengan siswa yang diajar dengan kegiatan laboratorium terbimbing(72.654). Sehingga siswa yang diajar dengan kegiatan laboratorium terbimbing lebihbaik daripada siswa yang diajar dengan menggunakan kegiatan laboratorium mandiri.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Aug 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/20255

Actions (login required)

View Item View Item