Yusuf, Mochammad (2010) Optimalisasi pemberian tugas terstruktur di akhir proses belajar mengajar untuk meningkatkan motivasi belajar fisika siswa kelas IIE SLTP Taman Siswa Malang tahun pelajaran 2002/2003 oleh Mochammad Yusuf. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Motivasi belajar merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi keberhasilasnu atup engajaranS. alahs atu carau ntuk memotivasis iswa agarg iat dalam belajar fisika adalah melalui pemberian tugas terstruktur. Optimalisasi tugas tersebudt ilakukand enganm emberikanp etunjuk pelaksanaantu gas d iberi nilai dan dilakukanp embahasans olusinya.U kuran berhasilnyas uatup engajarand apat diketahui dari hasil belajar yaitu melalui pemberian tes. Penelitiani ni mengangkatp ermasalahante ntangp emberiant ugast erstruktur yangd iikuti pemberianp etunjukp elasanaantu gas p emberiann ilai dan pembahasan solusinyas ebagaui payau ntuk meningkatkanm otivasi belajarf isika siswak elasI I-E SLTPT amanS iswaM alang. Penelitianb ertujuanu ntuk rnengetahuai pakah optimalisaspi emberiant ugast erstrukturd apatm eningkatkanm otivasi belajarf isika kelas II-E SLTP Taman Siswa Malang. Hasil penelitian ini diharapkan dapat meningkatkank ualitasp rosesb elajarm engajard an dapatd igunakans ebagaai lternatif pemberianti ndakang uru dalamp rosesb elajarm engajar. Pendekatany ang digunakand alam penelitiani ni adalahp endekatank ualitatif yang bersifat deskriptif. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan. Tindakantindakan yang digunakan dalam penelitian ini berupa pemberian tugas terstruktur di akhir proses belajar mengajar pemberian petunjuk pelaksanaaatnu gas d iberi nilai dan pembahasans olusinya. Penelitiani ni dilaksanakand i SLTP TamanS iswaM alang daritanggal 16 September2 002 sampu 2l Oktober 2002. Subyek yang diambil dalam penelitian ini adalah siswa kelas II-E yang berjumlah 34 siswa. Datayang diambil dalam penelitian ini adalah data primer dn datas ekunder.D ata tersebutd iperolehm elalui observasi w awancara d an dokumentasiA. nalisis yang dipakai adalah (l ) reduksi data ( 2) display data ( 3) penarikank esimpulan v erifikas dan refleksi. Untuk rnengecekk eabsahand ata digunakan teknik trianggulasi. Penelitian tindakan ini melipufi empat tahap yaitu (l) tahapp erencanaan( 2 )tahap pelaksanaan( 3 ) tahapo bservasi d an (4) tahap refleksi. Dalam penelitian ini terdapat 2 siklus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan pemberian tugas terstrukhr pernberianp etunjukp elaksanaantu gas d iberi nilai dan pernbahasanso lusinyad apat meningkatkan motivasi belajar fisika kelas II-E SLTP Taman Siswa Malang. Meningkatnya motivasi belajar siswa dapat diketahui dari perilaku-perilaku srswa yang memerhatikanp enjelasand ari guru meningkatnyaju rnlah sisway ang ingin menjawabp ertanyaand ari guru dan meningkatnyaju mlah sisway ang mengumpulkan fusas terstruktur.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 19 Aug 2010 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2010 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/20254 |
Actions (login required)
View Item |