Identifikasi pelaksanaan eksperimen dalam pembelajaran fisika kelas I MA. Darut Taqwa Sengoagung - Repositori Universitas Negeri Malang

Identifikasi pelaksanaan eksperimen dalam pembelajaran fisika kelas I MA. Darut Taqwa Sengoagung

Santoso, Budi (2010) Identifikasi pelaksanaan eksperimen dalam pembelajaran fisika kelas I MA. Darut Taqwa Sengoagung. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Salah satu permasalahan yang muncul pada perkuliahan Pengembangan Media Pembelajaran adalah rendahnya aktivitas belajar mahasiswa terkait bagaimana mengaktifkan diskusi kelompok. Cara belajar individual yang dilakukan mahasiswa menjadikan pembelajaran di kelas berlangsung pasif dan kualitas produk media yang dihasilkan menjadi rendah. Solusi yang diduga mengatasi permasalahan rendahnya aktivitas belajar mahasiswa adalah optimalisasi pembelajaran kolaboratif melalui model pembelajaran berbasis proyek. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan keterlaksanaan model pembelajaran berbasis proyek (2) Mendeskripsikan aktivitas belajar mahasiswa dalam pembuatan media fisika melalui model pembelajaran berbasis proyek dan (3) Mendeskripsikan peningkatan aktivitas belajar mahasiswa dalam pembuatan media fisika melalui model pembelajaran berbasis proyek. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan kualitatif yang terdiri dari 2 siklus. Subyek penelitian adalah mahasiswa Jurusan Fisika FMIPA UM offering D kelas B yang berjumlah 30 mahasiswa. Instrumen penelitian terdiri dari instrument pembelajaran dan instrumen pengukuran penelitian. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data kualitatif. Data kualitatif berupa proses perbaikan tindakan pada pembelajaran berbasis proyek dan keterlaksanaan pembelajaran berbasis proyek. Data kuantitatif berupa skor-skor aktivitas belajar lalu diolah dan dianalisis menjadi bentuk tabel atau diagram kemudian dilakukan pembahasan. Hasil penelitian pada siklus I dan siklus II menunjukkan aktivitas belajar mahasiswa mengalami peningkatan. Aktivitas belajar individu mengalami peningkatan sebesar 12 93% yaitu dari 66% pada siklus I meningkat menjadi 78 93% pada siklus II. Sedangkan aktivitas belajar kelompok mahasiswa mengalami peningkatan sebesar 11 77% yaitu dari 69 85% pada siklus I meningkat menjadi 81 62% pada siklus II. Hal ini berarti penerapan pembelajaran berbasis proyek dapat meningkatkan aktivitas belajar individu dan aktivitas belajar kelompok.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Aug 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/20253

Actions (login required)

View Item View Item