Upaya meningkatkan ketrampilan proses dan prestasi belajar fisika siswakelas II-B SLTP Laboratorium Universitas Negeri Malang oleh Tri Zanuarika Muhyianti - Repositori Universitas Negeri Malang

Upaya meningkatkan ketrampilan proses dan prestasi belajar fisika siswakelas II-B SLTP Laboratorium Universitas Negeri Malang oleh Tri Zanuarika Muhyianti

Muhyianti, Tri Zanuarika (2010) Upaya meningkatkan ketrampilan proses dan prestasi belajar fisika siswakelas II-B SLTP Laboratorium Universitas Negeri Malang oleh Tri Zanuarika Muhyianti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pembelajaranfis ika di SLTP LaboratoriumU niversitasN egeriM alang(SLTP Lab UM) khususnyad i kelasI I-8 sementarain i menggunakanm etodeceramah. Hanya sesekali siswa diajak ke laboratorium untuk berpraktikum jikaalaty ang dibutuhkant ersedia.H al ini menyebabkanke terampilanp rosess iswatidak dapat berkembang dengan maksimal karena kemampuan keterampilanprosess iswas ecaran yatad apatd ilihat ketika siswab erpraklikumB. erdasarkankenyataant ersebut p erlu kiranya diterapkans uatum etodep embelajarany angdiharapkand apatm eningkatkank eterampilanp rosesd anp restasbi elajarf lsikasiswa.D alamh al ini dipilih pembelajaranb erbasisk onstmktivisd enganm odelSiklusB elajar k arenad enganp embelajaranin i siswad imungkinkanu ntukberpraktikum sehingga dapat meningkatkan keterampilan prosesnya. Penelitiani ni bertujuanu ntuk meningkatkank eterampilanp rosesd anprestasbi elajarf isika siswak elasI I-B semesteIrI SLTP Lab UM tahuna jaran20021200m3 elaluip ernbelajarabne rbasisk onstruktivisd enganm odels iklusBelajar. Dalam penelitian ini digunakan pendekatan kualitatif dengan jenispenelitiant indakank elas( PTK). Tahap-tahapd alamp enelitiani ni sesuadi engantahap-tahapd alam PTK yakni (1) perencanaantj ndakan (plan) Q) pelalcsanaantindakand ano bservas(i act and observe)d an (3) refleksi( reflect).P enelitianin idilaksanakand alwn2 siklus y aitu siklus I denganm ateriC ahayad an siklusI Idengan materi Alat Optik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keterampilan proses dan prestasibelajarf isika siswak elasI I-B mengalampi eningkatanP. eningkatanke terampilanproses siswa ditunjukkan dengan meningkatnya rerata skor keterampilan prosessiswad ari siklus I ke siklusI I. Sedangkanp eningkatanp restasbi elajars iswaditunjukkan dengan meningkatnya selisih antara rerata nilai pre-test dan post-test(AP) tiap subp okok bahasan jugad idukungd enganm eningkatnyan ilai ulanganhariant iap pokok bahasand ari siklusI ke siklusI L Dari hasil penelitiant ersebutdapatd itarik kesimpulanb ahwap enerapanp embelajaranb erbasisk onstruktivisdengan model Siklus Belajar dapat meningkatkan keterampilan proses danprestasbi elajarf isika siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disarankan agar (l) dilakukanpenelitianl ebih lanjut rnisalnyau ntukjenjangp endidikany ang lain (2) pendidikyang masih menggunakan metode ceramah dapat memilih pembelajaran berbasiskonstrutivisd enganm odel SiklusB elajard alamp embelajannd i kelas ( 3)sekolahl ebih memperhatikank etersediaana lat pralctikumw alaupun sederhanauntuk mentrnjangp embelajarank a renam odelp embelajaranin i mengutamakaninteraksi siswa dengan benda konkret

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 19 Aug 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/20245

Actions (login required)

View Item View Item