Tingkat Perkembangan intelektual dan korelasinya terhdap prestasi belajar fisika siswa kelas I SLTP Negeri di Kotamadya Banjarmasin oleh Casmudin - Repositori Universitas Negeri Malang

Tingkat Perkembangan intelektual dan korelasinya terhdap prestasi belajar fisika siswa kelas I SLTP Negeri di Kotamadya Banjarmasin oleh Casmudin

Casmudin (2010) Tingkat Perkembangan intelektual dan korelasinya terhdap prestasi belajar fisika siswa kelas I SLTP Negeri di Kotamadya Banjarmasin oleh Casmudin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Perkembangainnt elektuaal dalahr angkaianp erubahanko gnitif yangb ersifat progresifdante raturyangm erupakanh asild ari kcmatangadna nh asilb elajar.D alam teon Piaget k esanggupain telektuailn dividub erkembanmg elaluie mpati ingkatan. Keempatti ngkatani tu adalah (a) tingkats enso-motorik0 - 2 tahun ( b) tingkatp ra operasi2 -7 tahun ( c) tingkatb rpikir kongkit 7-l I tahun d an( d) tingkatu erpikir formal I l-15 tahun ke atas. Tujuan penelitiani ni adalahu ntuk menjawabp ertanyaan-pertanyaabne rikut (1) Bagaimanati ngkatp erkembangainn telektuasl iswak elasI sLTp Negerid i KotamadyaB anjannasin (2) Bagaimanap restasbi elajarf isika siswak elasI di KotamadyaB anjarmasin (3). Apakaha dak orelasiy angs ignifikana ntarat ingkat perkembangainn telehuald enganp restasbi elajarf isika Jenisp enelitiany angd igunakand alamp eneritianin i adarahe ksplanatori. Populasdi alamp enelitianin i adalahs eluruhs iswak elasI sLTp Negerid i KotamadyaB anjarmasiny a ngt erdiri dari3 2 sekolahd enganju nlah siswa seluruhnya6 320o rang.J umlahs ampedl alamp enelitianin i adalah9 0 orangs iswa dari9 sekolahy angt erdirid ari9 kelas.S emuas ubyekd itesd enganm enggunakan TesB erpikirF ormalB entuko byektif Model piaget( poFI ) dant ugas-tugams odel Piage(t PTI ). Ditemukanb ahwad ari hasila nalisism enunjukkanfr ekuenski esanggupan berpikirf ormalp adas etiapp eringkats ekolahb erbeda.p adas ekolahp eringfafatas sr sway angt elahm encapatii ngkatb erpikirf ormalp roporsinyale biht inggij ika dibandingkand engans iswap adas ekolahp eringkatte ngahd anb awah.S edangkan untukp restasbi elajars iswad iketahuib ahwar ata-rataskopr restasbi elajary ang palingt inggi adalahs iswap adas ekolahp eringkata tas.S elaini tu dalamhasila nalisis korelasim enunjukkanb ahwas ecarau mumt erdapakt orelasiy angs ignifikana ntara tingkatp erkembangainn telektuatl erhadapp restasbi elajarf iiika Beberapak esimpulany angd apatd itarik dari penelitiari n i adalahs ebagai berikut (l) Proporssi isway angt elahm encapatii ngkatb erpikirf ormalp adas ekolah peringkataa tasl ebihb esarb ila dibandingkand engans iswap adas ekolahp eringkat tengahd ans iswap adas ekolahp eringkabt awah.( 2) prestasbi elajars iswap ada sekolahp eringkata tasl ebih tinggi bila dibandingkand engans iswap adas ekolah peringkatte ngahd ans iswap adas ekolahp eringkabt awah.( 3) Tingkatp erkembangan intelektuaml empunyaki orelasiy angs iginifikand enganp restasbi elajais iswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Aug 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/20242

Actions (login required)

View Item View Item