Etikaningrum, Nilam (2010) Upaya meningkatkan prestasi belajar dan kemampuan ketrampilan proses melalui pembelajaran fisika dengan pendekatan contectual teaching and learning (CTL) model Inkuiri siswa kelas II.2 SMU Negeri 1 Malang oleh Nilam Etikaningrum. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Pendekatanp embelajaranya ng digunakano leh grru dalamp rosesp ernbelajaran memiliki peranan penting dalam menenhtkan keberhasilan belajar siswa Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar dan perkembangan kemampuan keterampilan proses melalui pembelajaran fisika dengan pendekatanC TL model inkuiri siswak elasI I.2 SMU Negeri 1 Malang Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas II.2 SMU Negeri I Malang yang berjumlah 44 siswa dengan rincian 19 siswa pufia dan 25 siswa putri. Teknik analisad atam enggunakanr eduksi data display data penarikan kesimpulan verifikasi dan refleksi. Hasil penelitian memrnjukkan adanya peningkatan pada prestasi belajar dan kemampuan keterampilan proses siswa kelas II.2 SMU Negeri I Malang. Berdasarkann ilai yangd icapais iswas etelahd ilakukannyap embelajarand engan pendekatanC TL model inkuiri mengalarnpi eningkatans ebesa3r l 45%ilka dibandingkand engany angd iperolehs iswad ari nilai ulanganh arian.S edangkan peningkatanp restasib elajar siswa jika dilihat dari selisih pratesd an pascatesd ari masing-masingsi klusm engalamip enguatans ebesa3r 9 78ohB. erdasarkahna siobservasi terjadi peningkatan kemamptran keterampilan proses siswa pada aspek mengamatsi ebesa2r 3 33o/o. menafsirkpaenn gamatanl6 67yo m eramalkan 8 33% m enggtrnakana lat dan bahan 21 67o/o menerapkakno nsepd ari 18 33o/o merencanakapne nelitian2 3 33y d anb erkomunikasli0 %. Hal ini pun dapat ditunjukkan dengan peningkatan rata-rata kemampuan keterampilan proses sebesalr7 38o . Berdasarkan hasil penelitian di atas saran yang dapat diajukan yaitu pembelajaran fisika dengan pendekatan CTL model inkuiri dapat dijadikan altematif bagi guru untuk meningkatkan prestasi belajar dan kemampuan keterampilan proses siswanya.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 19 Aug 2010 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2010 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/20241 |
Actions (login required)
View Item |