Laili, Anis Nur (2010) Pengaruh phobia matematika dan motivasi belajar fisika terhadap prestasi belajar fisika bagi siswa kelas II MA. Darut Taqwa Suci Manyar Gresik oleh Anis Nur Laili. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Phobia danm otivasib elajmm erupakand ua faktor psikologisy ang dapatmempengaruhpi restasis eseorangd alam belajar. Sedangkanm atematikaa dalahalatb antu unhrk mernecahkanp ersoaland alam fisika. Penelitiani ni dilakukanuntuk mengetahui pengaruhp/robia matematika dan motivasi belajar fisikaterhadapp restasbi elajmf isika siswakelasI I MA. DARUT TAQWA SuciM anyarGresik dengan harapan agar dapat memberikan masukan bagi guru dan pihaksekolah. Penelitiani ni menggunakanp endekatank uantitatif denganf tmcanganexposfta cto jeris deskriptif dan korelasional.P opulasip enelitian adalahs iswakelas lI MA. DARUT TAQWA Suci Manyar Gresik Tahun pelajaran 200212003yang berjumlah T5 siswa. Sedangkan sampel penelitian ditetapkan sama dengan50 % dari besarp opulasia taus amad engan3 4 siswa.P engambilans ampeldilahrkan secaraa cak sederhana(s imple random sampling).Phobia matematikad an motivasi belajar fisika diukur berdasarkanja wabansampel pada kuesioner phobia matematika dan motivasi belajar fisika. Sedangkanprestasib elajar fisika berdasarkanh asil tes prestasif isika. Untuk mengetahuipengaruhi plobia matematika dan motivasi belajar fisika terhadap prestasi belalarfisika digunakan analisis korelasi parsial Kendall. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh phobia maternatikaterhadapp restasbi elajarf isika adalahn egatifd engank oefisienk orelasi4 669.Artinya tingkat phobi matematika yang tinggi akan berakibat menurururya prestasibelajar fisika. Pengaruh motivasi belajm fisika terhadap prestasi belajar fisikaadalahp ositif dengank oefisienk orelasi0 433.H al ini menunjukkanb ahwamotivasi belajar fisika yang tinggr dapat meningkatkan prestasi belajar fisika.Selain itu koefisieri -0 669 adalah lebih besar dari pada 0 43 3 berari phobiamatematika lebih banyak mempengaruhi prestasi belajar fisika. Pengaruhplobja matematikate rhadapp restasbi elajarf isika denganmenganggamp otivasib elajarf isika konstanm enunjukkank oefisienk orelasi0 7641 b erartip hobia matematikad alamm empengaruhpir estasbi elajarf isikatidak terlepas dari motivasi belajar fisika. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan agar dalam pengajaranmatematika untuk menghind ari timbulnya phobi pada siswa dan dalam pengajaranfisika guru diharapkan mampu memberikan motivasi untuk meningkatkan prestasibelajarf isika sehinggad apatm enurunkanln gkatphobi siswat erhadapmatematika.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 18 Aug 2010 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2010 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/20235 |
Actions (login required)
View Item |