Posisi kerja untuk meningkatkan produktivitas welder kerangka beton di pt. x / DEVIYANTI GANI NUR ISLAMI - Repositori Universitas Negeri Malang

Posisi kerja untuk meningkatkan produktivitas welder kerangka beton di pt. x / DEVIYANTI GANI NUR ISLAMI

Islami, Deviyanti Gani Nur Islami (2022) Posisi kerja untuk meningkatkan produktivitas welder kerangka beton di pt. x / DEVIYANTI GANI NUR ISLAMI. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Perusahaan kontruksi yang berlokasi di Kabupaten Malang memiliki lima spesifikasi yaitu bagian pembuatan beton laboratorium mebel bidang pengelasan kerangka beton terdapat histori kecelakaan kerja. Hal itu kemungkinan disebabkan kelelahan kerja akibat posisi kerja yang tidak ergonomis. Hasil kilogram kerangka beton yang di produksi PT. X merupakan representasi tingkat produktivitas tenaga kerja. Pada bagian pengelasan kerangka beton pekerja bagian pengelasan kerangka beton melakukan kegiatan secara berulang/ repetitive sehingga dapat menyebabkan kelelahan kerja sehimgga produktivitas menurun. Posisi kerja yang tidak ergonomis juga menyebabkan permasalahan ndash permasalahan lainnya seperti terjadinya keluhan muskuloskeletal pada leher punggung maupun seluruh badan hingga upah tenaga kerja yang menurun penurunan upah tenaga kerja mempengaruhi standar hidup pekerja. perlu adanya penelitian lebih lanjut secara detail mengenai posisi kerja pekerjaaan pengelasan mengingat posisi kerja mempengaruhi tingkat produktivitas kerja peneitian ini bertujuan mengetahui perbedaan posisi kerja untuk meningkatkan produktivitas welder kerangka beton PT.X Kabupaten Malang. Dimana rancangan yang digunakan adalah penelitian deskriptif analitik. Untuk menguji hipotesisnya teknik analisis yang digunakan yaitu analisis uji one way annova untuk mengetahui perbedaan rata ndash rata dengan menggunakan instrument rumus produktivitas. Didapatkan hasil Sig. 0 137 pada posisi kerja duduk amp berdiri yang berarti tidak ada perbedaan yang signifikan Nilai Sig. 0 852 yang menunjukkn tidak ada perbedaan produktivitas posisi kerja duduk dan jongkok. Serta Nilai Sig. 0 041 pada posisi kerja berdiri dan jongkok yang menunjuk terdapat perbedaan posisi kerja berdiri dan jongkok terhadap produktivitas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Ilmu Kesehatan Masyarakat (IKM) > S1 Ilmu Kesehatan Masyarakat
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Jan 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/202332

Actions (login required)

View Item View Item