Hubungan antara beban kerja dengan stres kerja pada dosen universitas x di masa pandemi covid-19 / Jayanto Dhanuputra - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan antara beban kerja dengan stres kerja pada dosen universitas x di masa pandemi covid-19 / Jayanto Dhanuputra

Dhanuputra, Jayanto (2022) Hubungan antara beban kerja dengan stres kerja pada dosen universitas x di masa pandemi covid-19 / Jayanto Dhanuputra. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Setiap dosen pada saat pandemi Covid-19 diharuskan untuk lebih beradaptasi dengan teknologi sebagai media pembelajaran utama tanpa mengurangi esensi pendidikan itu sendiri. Dalam memenuhi beban kerjanya dosen harus menyesuaikan dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu pendidikan dan pengajaran penelitian dan pengembangan serta pengabdian kepada masyarakat. Universitas X merupakan salah satu kampus unggulan di Kota Malang yang memiliki visi ldquo Menjadi perguruan tinggi unggul dan rujukan ilmu pengetahuan dan teknologi serta bidang pendidikan rdquo . Dalam Renstra Universitas X menjelaskan bahwa minat dosen untuk melakukan penelitian belum optimal. Banyaknya tanggung jawab serta tuntutan dosen seperti membimbing melakukan penelitian mengajar serta melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat menunjukkan bahwa dosen rentan sekali untuk mengalami stres kerja. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui tingkat beban kerja dan stres kerja dosen dan untuk menganalisis hubungan antara beban kerja dengan stres kerja dosen. Penelitian ini berjenis kuantitatif dengan pendekatan cross sectional dan bersifat analitik korelasional. Pengambilan sampel dosen menggunakan proportional stratified random sampling. Instrumen yang digunakan yaitu kuesioner National Aeronautics and Space Administration-Task Load Index (NASA-TLX) dan The Brief Job Stress Questionnaire (BJSQ). Hasil penelitian menunjukkan 62 9% responden memiliki tingkat beban kerja tinggi sekali dan 69 7% responden memiliki tingkat stres kerja sedang. Analisis data menggunakan Spearman rsquo s rho menunjukkan bahwa beban kerja berhubungan (p lt 0 05) dengan stres kerja.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Ilmu Kesehatan Masyarakat (IKM) > S1 Ilmu Kesehatan Masyarakat
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Jan 2022 04:29
Last Modified: 01 Apr 2024 04:02
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/202329

Actions (login required)

View Item View Item