Dukungan sosial terhadap kejadian baby blues di wilayah kerja puskesmas krejengan kabupaten probolinggo / Siti Halima - Repositori Universitas Negeri Malang

Dukungan sosial terhadap kejadian baby blues di wilayah kerja puskesmas krejengan kabupaten probolinggo / Siti Halima

Halima, Siti Halima (2022) Dukungan sosial terhadap kejadian baby blues di wilayah kerja puskesmas krejengan kabupaten probolinggo / Siti Halima. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kehadiran seorang anak dalam keluarga salah satu hal yang membahagiakan dan karunia terbesar bagi seorang wanita akan tetapi tidak semua beranggapan seperti itu terdapat sebagian wanita yang mengalami kondisi baby blues syndrome atau postpartum blues bahkan dapat berlanjut pada kondisi postpartum depression. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan dukungan sosial terhadap kejadian baby blues di Wilayah Kerja Puskesmas Krejengan Kabupaten Probolinggo. Metode penelitian ini menggunakan jenis kuantitatif dengan desain cross sectional. Dukungan suami dan dukungan keluarga sebagai variabel independen. Kejadian baby blues sebagai variabel dependen. Besar sampel didapatkan dengan menggunakan uji hipotesis beda dua proporsi yaitu sebesar 31 responden. Metode pengumpulan data dengan kuesioner untuk dukungan suami dan keluarga dan kuesioner Edinburgh Postpartum Depression Scale (EPDS) untuk kejadian baby blues/ postpartum blues. Analisis data dikerjakan mulai dari analisis univariat dan analisis bivariat. Hasil penelitian yaitu nilai p-value gt 0 05 yang berarti tidak ada hubungan yang signifikan. Kesimpulan dari penelitian adalah tidak ada hubungan antara dukungan suami dengan kejadian baby blues dan tidak ada hubungan antara dukungan keluarga dengan kejadian baby blues.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Ilmu Kesehatan Masyarakat (IKM) > S1 Ilmu Kesehatan Masyarakat
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Jan 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/202326

Actions (login required)

View Item View Item