Pembinbingan belajar untuk meningkatkan kemapuan siswa dalam menyelesaikan soal jenis uraian konsep arus listrik dengan kartu peraga pada kelas 3 SLTPN 3 Banjarbaru Kalimantan Selatan oleh Khairansyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pembinbingan belajar untuk meningkatkan kemapuan siswa dalam menyelesaikan soal jenis uraian konsep arus listrik dengan kartu peraga pada kelas 3 SLTPN 3 Banjarbaru Kalimantan Selatan oleh Khairansyah

Khairansyah (2010) Pembinbingan belajar untuk meningkatkan kemapuan siswa dalam menyelesaikan soal jenis uraian konsep arus listrik dengan kartu peraga pada kelas 3 SLTPN 3 Banjarbaru Kalimantan Selatan oleh Khairansyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Salah sahr kesulitan siswa dalam memahami konsep fisika nampak pada kesulitanm erekad alam menyelesaikans oal-soalf rsika jenis uraian.U ntuk mampu menyelesaikans oal-soajle nis uraianp ra siswah arusm emiliki kemampuan. Kemampuante rsebutm eliputi (1) Memahamii si soal (2) Mengubahk alimat verbal yanga dad alam soal ke dalamb entuk simbol-simbolp ersamaanm atematis d an (3) Melakukan operasi bilangan (menghitung). Penelitian ini bertujuan agarditemukan suatum odel pembelajarany ang dapatm eningkatkank emampuans iswad alam menyelesaikanso al-soaljenisu raianp adap okok bahasana rusl istrik. Penelitian yang dilakukan berbentuk tindakan kelas dengan mengambil lokasi pada SLTPN 3 Kota BanjarbaruKalimantan Selatan kelas 3c. Dengan kartu peragap ara siswa dibimbing untuk menyelesaikans oal-soalf isika jenis uraians ecara bertahapT. ahapan-talnpante rsebutm eliputi (1) Mengidentifikasiv ariabely ang diketahui dan ditanyakan pada soal (2) Menyusun nrmus yang tepat sesuai dengan variabel yang diketahui dan ditanyakan pada soal dan (3) Pembimbinpn menghitung (melakukan operasi bilangan). Dari hasil analisis dan refleksi pada catatan lapangan serta pedandingan hasil pekerjaan siswa saai diberi latihan dan ulangan diperoleh kesimpulan sebagai berikut (1) Penggunaank artu peragbd apatm eningkatkank emampuans iswad alam mengidentifikasi variabel yang diketahui dan ditanyakan pada soal (2) Penggunaan karnr peraga dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menyusun persarlrBan yang tepat sesuai dengan variabel yang diketahui dan ditanyakan pada soal (3) Penggunaakna rtu peragad apatm eningkatkank emampuans iswad alamm enghitung (melakukano perasib ilangan) d an (4) Penggunaank artu peragad apatm eningkatkan aktivitas dan motivasi siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 16 Aug 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/20230

Actions (login required)

View Item View Item