Pemberian tugas pekerjaan rumah untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar fisika siswa kelas II-1 semester IV SMU negeri 9 Malang tahun pelajaran 2002/2003 oleh Dedy Masmulyadi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pemberian tugas pekerjaan rumah untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar fisika siswa kelas II-1 semester IV SMU negeri 9 Malang tahun pelajaran 2002/2003 oleh Dedy Masmulyadi

Masmulyadi, Dedy (2010) Pemberian tugas pekerjaan rumah untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar fisika siswa kelas II-1 semester IV SMU negeri 9 Malang tahun pelajaran 2002/2003 oleh Dedy Masmulyadi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK MasmulyadDi edy.2 003.P emberianT ugasP ekeriaanR umahU ntukM eningkatkan Motivasi dan PrestasiB etaiar Fisika SiswaK elqs II-l SemesteIrV SMU Negeri 9 Malang Tahun Pelajaran 2002/2003. skripsi Jurusan Fisika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Sirwadji Pembimbing (tr) Dra. Hartatiek M .Si. Katak unci metodep embelajaranm otivasi p restasbi elajar. Pembelajaranfi sika denganm etodep emberiant ugasp ekerjaanr umaha dalah suatum etodey angd iberikan oleh guru kepadas iswad an penyelesaiannydai luar kegiatanta tap muka yang dikerjakand i buku tulis kemudiand ikumpulkanp ada p rtemuanb erikutnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara dan hambatan apa saja yang munculp adas aatm enerapkanp embelajaranfi sika denganm etodep embedant ugas pekerjaanru mahy ang dapatm eningkatkanm otivasi dan prestasib elajar fisika. penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang berbenhrk tindakan kelas dengans ubjekp enelitian adalahs iswak elasI I-1 sMU Negeri 9 Malang tahun pelajaran2 00212003d enganju mlah 4l sisway ang terdiri dari 14 siswal aki-laki dan )Z Sis a perempuanP. okok bahasannyaa dalahs truktur atom hidrogen.P enelitiani ni dirancangd alam siklus kegiatan.M asing-masingterdirdi ari empatt ahapany ang terdiri dari perencan.uulp elaksanaano bservasi d an refleksi. Tindakank elasy ang diberikan adalah pemberian tugas pekerjaan rumah (individu) yaitu tugas I dan Tugas II pada siklus I dan pemberian tugas peke aan rumah (kelompok) dan tugas III (individu) pada siklus II. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dimana penelitian ini menggunakanp endekatank ualitatifyang disusund alamb entuk narasid an pengumpuland atayangdilakukana dab eberapate knik yaitu obsewasi d okumentasi angket w awancarat u gasp ekerjaanr umah dan pengukuranM. aka prinsip dasar yang digunakan dalam penelitian ini yaitu siklus. Sesuai dengan kondisi siswa kelas II-l SMU Negeri 9 Malang untuk mengaklifkans iswad alamb elajar dan membiasakanb elajar di rumah p eneliti beruiaham elakgkan pembelajarand enganm etodep emberiant ugasp eke aan rumah. Dengan metode ini diharapkan siswa dapat termotivasi dan prestasi belajamya meningkats ertap enguasaakno nsepf isika siswad apatm eningftat.P eningkatanin i Oapa t lihat Oaria atan ilai rata-ratak elas ulanganh ariany ang dari 69 1 menjadi7 1 6 danp ersentases isway ang mencapaik etuntasanb elajar meningkat da i 65%m enjpdi 7S% dan4l siswa.S edangkapne ningkatanm otivasib elajars iswam enunjukkan persentaslei bih baik. Hambatany ang muncul selamap enerapanm etodep emberiant ugasp ekerjaan rumahi ni dapatd irinci sebagabi erikut (a) keterbatasanb uku buku yangd imiliki oleh siswa ( b) jarak tempatt inggal siswad engans iswa lainnya berbeda-bedaa day ang jauh dan d ekats ehinggas isway ang ingin belajar bersamau ntukjarak yangjauh waktunyati dak memungkinkan( c ) jika tugasy ang diberikan oleh guru padas iswa untukd ikumpulkanp adap ertemuans elanjutnyab ersamaand enganu langanp elajaran lainnyas iswam engerjakannytaid ak optimal atau seadanya( d ) guru tidak bisa mengawasei carala ngsungp ekerjaans iswak arenat ugast ersebutd i luarjam pelajaranse kolah( e) sisway angm engalamim asalahm enge akant ugasd i rumah karenati dak aday angm embantu ( 0 dalam prosesp embelajarand enganm etode pemberiatnu gasp ekerjaanr umahk adang-kadangs iswam enjadib osan ( g) siswa yang duduk di kelas bagian belakang sering bicar4 dao (h) masih banyak siswa yang belum belajar di rumah. Hasil penelitian m enunjukkanb ahwap embelajaranfi sika dengan metodep emberiantu gasp ekerjaanr umatrs angate fektif dalamm eningkatkan motivasidanp restasibetaiarn s a pokok bahasans truktur atom hidrogen.O leh sebabit u guruk hususnyag uru fisika di SMU Negeri 9 Malang dan guru fisika sMU padau mumnyau ntuk dapatm enerapkanm etodet ersebutd alamb ahasany ang identik dengapno kokb ahasans truktur atom hidrogen. 1l

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Aug 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/20229

Actions (login required)

View Item View Item