Pengecekan kesalahan dengan damerau levenshtein distance menggunakan fitur layout qwerty / Ni'matul Ulfah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengecekan kesalahan dengan damerau levenshtein distance menggunakan fitur layout qwerty / Ni'matul Ulfah

Ulfah, Ni'matul Ulfah (2022) Pengecekan kesalahan dengan damerau levenshtein distance menggunakan fitur layout qwerty / Ni'matul Ulfah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penggunaan Keyboard dengan Layout Qwerty merupakan suatu perangkat masukan yang digunakan ke dalam teknologi komputer dan mobile yang biasanya digunakan untuk menulis. Dengan adanya posisi karakter yang tidak berurutan slip jari kedekatan letak keyboard kesalahan penggunaan huruf kapital dapat menyebabkan kesalahan penulisan dalam suatu dokumen. Dengan adanya masalah tersebut maka dari itu diperlukan sebuah sistem yang dapat mengoreksi kesalahan penulisan. Solusi untuk mengoreksi kata yang salah peneliti menggunakan Damerau Levenstein Distance dengan Fitur Layout Qwerty. Data yang digunakan adalah cerita dongeng Sangkuriang yang terdiri dari 551 kata. Dari 551 kata tersebut diperoleh 478 kata yang salah 63 kata dengan nama orang atau nama merk dan 10 kata benar. Data pengujian menggunakan 478 kata yang memiliki kesalahan penukaran huruf (substitution) sejumlah 239 kata dan kesalahan penukaran posisi dua huruf (transposition) sejumlah 239 kata. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Damerau Levenstein Distance dengan Fitur Layout Qwerty sudah sesuai untuk mengoreksi kata dengan hasil akurasi 69 45% (substitution) dan 77 82% (transposition).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Apr 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/202286

Actions (login required)

View Item View Item