Media bantu fungsi kognitif lansia berbasis citra digital dengan yolo / Wildan Ahmad - Repositori Universitas Negeri Malang

Media bantu fungsi kognitif lansia berbasis citra digital dengan yolo / Wildan Ahmad

Ahmad, Wildan Ahmad (2022) Media bantu fungsi kognitif lansia berbasis citra digital dengan yolo / Wildan Ahmad. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki jumlah penduduk terbesar di dunia. Indonesia mengalami peningkatan jumlah penduduk dari tahun ke tahun. Peningkatan jumlah penduduk menyebabkan masyarakat kelompok lanjut usia (lansia) semakin bertambah. Lansia cenderung memiliki keterbatasan dalam melakukan aktivitas sehari-hari karena kemampuan kognitif manusia akan mengalami penurunan setelah memasuki usia tua. Jika kemampuan kognitif manusia menurun akan menyebabkan pengolahan informasi sensorik yang diterima oleh otak menjadi kurang efisien. Dampak yang bisa terjadi adalah berkurangya kemampuan visual manusia. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk membuat sebuah alat berupa robot lengan yang dilengkapi dengan kamera sebagai media bantu lansia yang memiliki kemampuan visual rendah dalam memilih dan mengambil objek. Sistem deteksi yang diimplementasikan pada penelitian ini adalah YOLO Object Detection. Metode yang diimplementasikan pada gerakan robot adalah inverse kinematics. Objek yang dijadikan sebagai sasaran penelitian adalah remote AC remote TV HP wadah kacamata dan telepon rumah. Setelah pengujian selesai dilakukan didapatkan hasil berupa persentase keberhasilan robot dalam mendeteksi objek adalah 100% dan persentase keberhasilan robot dalam mengambil objek adalah 80%. Kegagalan yang dihasilkan pada uji pengambilan terjadi pada objek telepon rumah. Kegagalan yang terjadi disebabkan karena beban yang dihasilkan oleh telepon rumah melebihi beban yang bisa diatasi oleh robot lengan. Untuk menghindari adanya kegagalan pada penelitian selanjutnya diharapkan melakukan pengukuran untuk mengetahui beban yang dihasilkan oleh objek penelitian serta mengukur batas maksimal beban yang dapat diatasi oleh alat hasil penelitian.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > T Technology (General) > TIN Software Engineering
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Teknik Elektro
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Jan 2022 04:29
Last Modified: 20 Dec 2022 00:50
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/202276

Actions (login required)

View Item View Item