Kendali motor induksi menggunakan vsd dengan variasi indeks modulasi / Mery Nur Laili - Repositori Universitas Negeri Malang

Kendali motor induksi menggunakan vsd dengan variasi indeks modulasi / Mery Nur Laili

Laili, Mery Nur Laili (2022) Kendali motor induksi menggunakan vsd dengan variasi indeks modulasi / Mery Nur Laili. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Lebih dari 65% energi listrik industri dikonsumsi oleh motor sebagai penggerak utama pada sebagian besar mesinnya. Kecepatan putar motor induksi dipengaruhi oleh frekuensinya. Mengubah nilai frekuensi listrik membutuhkan penyesuaian terhadap tegangan terminalnya. Ketika beban bertambah kecepatan putar motor juga akan berubah. VSD digunakan untuk mendapatkan nilai kecepatan putaran motor dengan mengatur rasio V/f. Pengujian dilakukan dengan menggunakan dua jenis beban mekanik dengan memberikan variasi rasio V/f dan indeks modulasi pada kedua jenis pembebanan. Variasi indeks modulasi memiliki pengaruh terhadap nilai tegangan pada kedua pembebanan dengan menunjukkan kesamaan nilai pada hasil pengujian. Nilai tegangan akan cenderung tetap pada kisaran 178-185 volt ketika dilakukan variasi terhadap nilai indeks modulasi frekuensi. Nilai tegangan juga akan naik secara linear berbanding terbalik dengan nilai arusnya. Pengujian dengan variasi indeks modulasi juga menjelaskan karakteristik pembebanan dalam penerapan variable speed drive pada motor induksi. Pengaruh variasi V/f dan indeks modulasi pada tegangan menghasilkan nilai distorsi harmonik total (THDv) paling kecil yaitu 1.1 pada rentang kecepatan 1300 rpm sampai 1400 rpm.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Teknik Elektro
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Jan 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/202271

Actions (login required)

View Item View Item