Analisa peramalan beban penyulang pada gardu induk surabaya / Muhammad Zazuli Effendi - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisa peramalan beban penyulang pada gardu induk surabaya / Muhammad Zazuli Effendi

Effendi, Muhammad Zazuli Effendi (2022) Analisa peramalan beban penyulang pada gardu induk surabaya / Muhammad Zazuli Effendi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pemenuhan kebutuhan energi termasuk energi listrik mempunyai kedudukan yang sangat penting dalam pembangunan nasional pada umumnya dan sebagai salah satu pendorong kegiatan ekonomi. Kebutuhan tenaga listrik satu wilayah terus meningkat dari waktu ke waktu sejalan dengan meningkatnya kegiatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat di wilayah tersebut. Dinamika konsumsi energi listrik juga dapat digunakan sebagai indikator kecenderungan kemana perkembangan dari sektor atau wilayah tersebut bergerak. Kenaikan dari kebutuhan energi listrik tersebut harus diantisipasi dengan menyediakan sistem kelistrikan yang lebih memadai dari segi kualitas maupun kuantitasnya. Dasar dalam prencanaan baik perencanaan operasi maupun perencanaan sistem pngmbangan tenaga listrik adalah peramalan (forecasting) yang tepat untuk megetahui kebutuhan tenaga listrik dalam kurun waktu tertentu. Dalam penelitian ini wilayah yang digunakan sebagai indikator adalah wilayah Rungkut dikarenakan di wilayah Rungkut terdapat banyak perusahaan atau industri di dalamnya. Faktor yang digunakan untuk memproyeksikan kebutuhan energi listrik meliputi jumlah penduduk kepadatan penduduk banyaknya usaha dan jumlah tenaga kerja. Model peramalan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model kausal dengan menggunakan metode regresi linier berganda sebagai metode peramalanya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Teknik Elektro
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 Jan 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/202269

Actions (login required)

View Item View Item