Analisis kecelakaan lalu lintas di kabupaten bojonegoro (studi kasus jalan nasional bojonegoro?cepu km 29 sampai km 36) / Irsa Nurin Nuzulia - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis kecelakaan lalu lintas di kabupaten bojonegoro (studi kasus jalan nasional bojonegoro?cepu km 29 sampai km 36) / Irsa Nurin Nuzulia

Nuzulia, Irsa Nurin Nuzulia (2022) Analisis kecelakaan lalu lintas di kabupaten bojonegoro (studi kasus jalan nasional bojonegoro?cepu km 29 sampai km 36) / Irsa Nurin Nuzulia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tujuan analisis kecelakaan lalu lintas yaitu untuk mengetahui karakteristik faktor tertinggi penyebab kecelakaan lalu lintas dan penentuan daerah rawan kecelakaan lalu lintas yang dihitung menggunakan metode EAN dan metode cumulative summary (cussum) serta tingkat kecelakaan lalu lintas yang dihitung menggunakan metode accident rate dan metode fatality rate. Hasil penelitian selama 5 tahun terakhir menunjukkan bahwa kecelakaan lalu lintas terjadi sebanyak 165 kejadian dengan kejadian terbanyak di segmen jalan Kebon agung Kuncen (55 2%) waktu puncak yaitu pukul 15.00-19.00 (34 4%) Hari Sabtu (24 8%) Bulan Februari (20%) korban kecelakaan lalu lintas paling banyak terjadi pada usia 16-31 tahun (33 6%) berjenis kelamin laki-laki (66 57%) berprofesi sebagai karyawan swasta (67 95%) serta fatalitas terbanyak korban adalah luka ringan (90 46%) dan berkaitan dengan kendaraan yang paling banyak terlibat kecelakaan yaitu sepeda motor (79 66%) jenis kecelakaan ganda (86 67%) tipe tabrakan samping samping (23 03%). Faktor penyebab kecelakaan masih didominasi oleh faktor manusia yaitu sebesar 96% lalu faktor jalan dan lingkungan sebesar 3% dan faktor kendaraan sebesar 1%. Sedangkan hasil perhitungan daeran rawan kecelakaan menggunakan metode EAN diperoleh lokasi blacksite yaitu di segmen jalan Purwosari Kebon agung dan metode cussum untuk menghitung lokasi blackspot berada di kilometer 29. Tingkat kecelakaan lalu lintas di segmen jalan tersebut dihitung menggunakan metode accident rate sebesar 6 4 dan dengan metode fatality rate sebesar 18 636.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Teknik Sipil
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Mar 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/202232

Actions (login required)

View Item View Item