Pengaruh karakteristik industri terhadap nilai perusahaan dengan corporate social responsibility disclosure sebagai variabel intervening / APRIS INMAS - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh karakteristik industri terhadap nilai perusahaan dengan corporate social responsibility disclosure sebagai variabel intervening / APRIS INMAS

Inmas, Apris Inmas (2022) Pengaruh karakteristik industri terhadap nilai perusahaan dengan corporate social responsibility disclosure sebagai variabel intervening / APRIS INMAS. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Apris. 2021. Pengaruh Karakteristik Industri terhadap Nilai Perusahaan dengan Corporate Social Responsibility Disclosure sebagai Variabel Intervening. Skripsi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Dodik Juliardi S.E MM Ak. Penelitian ini dilakukan untuk mengidentifikasi keterbukaan informasi sosial pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2016-2018 dan menganalisis pengaruh karakteristik perusahaan terhadap nilai perusahaan dan pengungkapan tanggungjawab sosial perusahaan sebagai variabel intervening. Karakteristik perusahaan yang terdiri dari tipe industri ukuran perusahaan leverage dan umur perusahaan digunakan sebagai variabel independen dan pengungkapan tanggungjawab sosial perusahaan sekaligus digunakan sebagai variabel intervening. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah nilai perusahaan.Metode statistik yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis jalur. Sampel penelitian terdiri 48 perusahaan manufaktur yang telah go publik dari tahun 2016-2018 dan mempublikasikan laporan tahunan (dalam rupiah) lengkap (termasuk catatan atas laporan keuangan) serta menerbitkan laporan keberlanjutan atau informasi sosial lainnya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa profil ukuran dan umur perusahaan tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan leverage yang diproksikan dengan Debt to Equity Ratio (DER) berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan Tipe dan ukuran perusahaan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Corporate Social Responsibility Disclosure Leverage dan umur perusahaan tidak berpengaruh signifikan terhadap Corporate Social Responsibility Disclosure Corporate Social Responsibility Disclosure tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan Karakteristik perusahaaan yang meliputi profil perusahaan ukuran perusahaan leverage dan umur perusahaan tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan melalui Corporate Social Responsibility Disclosure. Bagi peneliti selanjutnya hendaknya menggunakan sampel perusahaan yang lebih banyak dengan rentang waktu penelitian yang lebih lama sehingga diperoleh hasil yang lebih akurat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Jan 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/202202

Actions (login required)

View Item View Item