Ismiyahni (2010) Efektivitas penggunaan lembar kerja siswa (LKS) dalam pengajaran getaran dan gelombang ditinjau dari hasil belajar pada siswa kelas 2 SLTP Negeri 1 BarabaiKalimantan Selatan oleh Ismiyahni. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
PenggunaanL KS dalam pengajarante ntangm ateri Getarand an Gelombang melibatkans iswas ecaraa ktif. Keterlibatani ni dalam prosesb elajarm engajar merupakand imensip entingbagi kehidupanl embagap endidikany ang secaran yata mempengaruhki ualitash asil belajarb aik dari segi kogrritif maupuna fektif Penelitiani ni bertujuanm enjawabp ertanyaana pakatrh asil belajarf isika siswak elas2 SLTPN egeri I Barabaiy ang diajar menggunakanL KS dengan praktikuml ebih baik dari hasil belajar fisika sisway ang diajar menggunakanL KS tanpa praktikum. tlasil belajar yang dirnaksud meliputi konsepkonsep yang tertuang dalamp okok bahasanG etarand an Gelombang. Penelitiani ni menggunakanra ncangane ksperimer talV. ariabel bebasd alam penelitiani ni adalahp enggunaanL KS denganp raktikum dan penggunaanL KS tanpa praktikum s edangkanv ariabelt erikat dalamp eneiitiani ni adalahh asil belajarf isika. Populasi penelitian adalah siswa kelas 2 SLTP Negeri I Barabai tahun pelajaran2 000/2001yangte rdiri dari 5 kelas.S ebanyak2 kelasd enganjumlahs iswa 64 orangd igunakans ebagasi ampelp enelitian.T eknik pengarnbilans ampel dilakukan dengan cara cluster random sampling yaitu secara acak kelas sampel dibagi menjadi dua kelompok. Kelompok pertama siswa diberi LKS dengan praktikum dan kelompok kedua siswa diberi LKS tanpa praktikum. Untuk mengukur hasil belajar fisika digunakan perangkates hasil belajar fisika sebanyak2 0 butir soal.T es tersebutb erbentukp ilihan ganCad engane mpat alternatifjawaban hasil perhitungan terhadap validitas internal tes tingkat kesukaran dan daya beda butir tes diperoleh dua butir soal yang tidak dapat digunakan. Hasil perhitungant erhadapr eliabilitas tes denganK -R2qd iperoleha ngkas ebesa0r 794. Analisis data digunakan dengan leknik anava satujalur dilanjutkan dengan uji-t sebagaki elanjutand ari analisisv arianss atuj alur. Dari hasil analisisd ata diketahubi ahwat 66 3 489 tt u r 1 67 b erartih asilb elajarf isika sisway ang diajar denganm enggunakanL KS praktikum lebih baik dari sisway ang diajar dengan menggunakanL KS tanpap raktikum. Dalam penelitiani ni disimpulkanb ahwap enggunaanL KS denganp raktikum lebihe fektif dalamm eningkatkanh asilb elajarf isika siswaS LlP Negeri I Barabai tahun pelajaran 2000 12001
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 12 Aug 2010 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2010 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/20217 |
Actions (login required)
View Item |