Sistem pengendali lampu lalu lintas adaptif menggunakan sensor ultrasonik dengan pemrograman Delphi / Puji Setiawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Sistem pengendali lampu lalu lintas adaptif menggunakan sensor ultrasonik dengan pemrograman Delphi / Puji Setiawan

Setiawan, Puji (2010) Sistem pengendali lampu lalu lintas adaptif menggunakan sensor ultrasonik dengan pemrograman Delphi / Puji Setiawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci delphi pengendali lampu lalu lintas sensor ultrasonik. Delphi merupakan generasi penerus Turbo Pascal. Delphi selain digunakan sebagai program simulasi delphi juga bisa digunakan sebagai pengendali antarmuka komputer. Delphi sebagai pengendali antarmuka komputer ini dapat digunakan untuk mengatur nyala lampu lalu lintas sehingga nyala lampu lalu lintas tergantung dengan tingkat antrian kendaraan. Apabila pada saat lampu pada lampu lalu lintas berjalan normal tetapi frekuensi kendaraan makin banyak maka peneliti menempatkan rangkaian sensor ultrasonik yang dipasang diatas atau di tempatkan pada badan jalan yang berguna untuk mendeteksi adanya kepadatan lalu lintas. Kemudian jika ada kemacetan yang menunjukkan kepadatan lalu lintas pada bagian tersebut maka akan mengurangi nyala lampu hijau pada bagian lainnya. Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah bagaimana pembuatan pembuatan perangkat keras miniatur perempatan yang berupa miniatur lampu lalu lintas dan sensor ultrasonik sebagai sensor kepadatan kendaraan serta pembuatan program pengendali penyalaan lampu lalu lintas dari pemrograman Delphi. Hasil dari pengendalian ini adalah nyala lampu pada masing-masing lampu pada keadaan normal atau sepi adalah lampu kuning menyala selama 3 detik lampu merah selama 82 detik dan lampu hijau akan menyala selama 20 detik. Sensor ultrasonik akan mengirimkan sinyal ke komputer apabila terhalang oleh kendaraan. Hal ini yang akan dijadikan acuan sebagai indikasi kepadatan lalu lintas. kepadatan ini akan mempengaruhi lama nyala lampu hijau apabila kemacetan tersebut terjadi lebih dari 25 detik. Pada pengendalian ini total keadaan kemacetan adalah 14 keadaan. Masing-masing keadaan akan mempengaruhi lama nyala lampu hijau pada bagian yang lain. Jika terjadi 1 kepadatan pada bagian lain maka lampu hijau akan menyala selama 16 detik. Apabila 2 kepadatan maka akan menyala 14 detik. Jika terjadi 3 kepadatan maka lampu hijau akan menyala selama 12 detik. Saran sehubungan dari skripsi ini adalah memperbanyak fungsi pin keluaran LPT1 salah satunya menggunakan IC8255 untuk membuat suatu jaringan lampu lalu lintas dari beberapa perempatan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Aug 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/20212

Actions (login required)

View Item View Item