Kajian daya tahan simpan bumbu giling berdasarkan angka lempeng total (alt) koloni bakteri / Balqis Hanun Hanifah - Repositori Universitas Negeri Malang

Kajian daya tahan simpan bumbu giling berdasarkan angka lempeng total (alt) koloni bakteri / Balqis Hanun Hanifah

Hanifah, Balqis Hanun Hanifah (2022) Kajian daya tahan simpan bumbu giling berdasarkan angka lempeng total (alt) koloni bakteri / Balqis Hanun Hanifah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Bumbu giling umumnya sering digunakan masyarakat untuk memasak guna mempermudah dan menghemat waktu saat memasak. Lama waktu penyimpanan bumbu giling menjadi salah satu faktor penyebab bumbu giling dapat terkontaminasi oleh bakteri. Daya tahan simpan bumbu sangat mempengaruhi mutu yang dapat dilihat dari kualitas fisik kimia dan mikrobiologi. Penyimpanan bumbu pada suhu ruang akan mengalami penurunan kualitas oleh karena itu diperlukan informasi tentang batas waktu yang tepat agar bumbu tetap layak dikonsumsi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui batas daya tahan simpan bumbu giling lodeh berdasarkan hasil perhitungan Angka Lempeng Total (ALT) koloni bakteri. Bahan penelitian berupa bumbu giling lodeh yang dibuat sendiri oleh peneliti selanjutnya disimpan pada wadah plastik berpenutup dan disimpan pada suhu ruang (27oC). Lama waktu penyimpanan bumbu giling lodeh yang digunakan yaitu 0 jam 24 jam dan 48 jam. Masing-masing bumbu giling lodeh yang telah disimpan diuji berdasarkan Angka Lempeng Total (ALT) koloni bakteri. Hasil uji Angka Lempeng Total (ALT) Koloni Bakteri merujuk pada ketetapan BPOM RI No. 13 Tahun 2019 yaitu maksimal 1 times 104 cfu/g sampel. Batas daya tahan simpan bumbu giling lodeh pada penelitian ini yaitu 24 jam dengan hasil ALT koloni bakteri 1 7 x 105 cfu/g.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Jan 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/202111

Actions (login required)

View Item View Item