Solusi persamaan soliton spasial dalam soliton optik melalui persamaan Scrodinger nonlinear / Siti Halimatun - Repositori Universitas Negeri Malang

Solusi persamaan soliton spasial dalam soliton optik melalui persamaan Scrodinger nonlinear / Siti Halimatun

Halimatun, Siti (2010) Solusi persamaan soliton spasial dalam soliton optik melalui persamaan Scrodinger nonlinear / Siti Halimatun. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Soliton Spatial Soliton Optik Persamaan Schr dinger Nonlinear Ketika gelombang optik merambat didalam medium dispersif nonlinear maka akan terjadi efek nonlinear dan efek difraksi. Ketika efek nonlinear saling mengimbangi efek difraksi maka akan terbentuk gelombang stabil yang amplitudo dan pelebaran gelombang tetap selama perambatannya. Gelombang yang demikian disebut gelombang soliter yang terlokalisasi secara spasial sehingga disebut soliton spasial. Penelitian ini dilakukan untuk menurunkan fungsi gelombang soliton spasial. Persamaan gelombang untuk soliton spasial dapat diturunkan dengan meninjau efek nonlinear dan dispersive medium. Persamaan gelombang untuk soliton spasial diperoleh dengan menyelesaikan persamaan Schr dinger Nonlinier menggunakan metode integral. Visualisasi fungsi gelombang soliton dilakukan dengan memanfaatkan program Mathlab7. Dari hasil penurunan persamaan Schr dinger Nonlinier untuk soliton spasial diperoleh solusi persamaannya yaitu u(z x) asech(ax)exp 8289 (i (a 2 z) 8260 2) yang merupakan fungsi posisi (z x). Solusi persamaan Schr dinger Nonlinier ini berupa persamaan gelombang dengan fungsi secan hiperbolik dengan a adalah amplitudo soliton. Soliton fundamental diperoleh dengan membuat z 0. Dari hasil visualisasi menggunakan program Mathlab7 diperoleh hasil bahwa terbentuk puncak gelombang yang stabil. Gelombang ini memiliki amplitudo yang sama diposisi manapun begitu pula dengan pelebarannya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Aug 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/20209

Actions (login required)

View Item View Item