Perbandingan algoritma penyelesaian masalah penugasan tidak seimbang pada masalah minimasi / Hamidah Dian Romadhon - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbandingan algoritma penyelesaian masalah penugasan tidak seimbang pada masalah minimasi / Hamidah Dian Romadhon

Romadhon, Hamidah Dian Romadhon (2022) Perbandingan algoritma penyelesaian masalah penugasan tidak seimbang pada masalah minimasi / Hamidah Dian Romadhon. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Masalah penugasan tidak seimbang merupakan masalah yang sering dijumpai pada suatu perusahaan. Salah satunya yaitu masalah penugasan dengan jumlah pekerjaan lebih banyak dari jumlah pekerja atau mesin. Oleh karena itu optimalisasi penyelesaian masalah penugasan tidak seimbang diperlukan untuk meminimasi biaya penugasan. Pada penyelesaian masalah penugasan tidak seimbang terdapat beberapa algoritma yang dapat digunakan baik yang telah terdahulu maupun algoritma yang dimodifikasi. Masalah penugasan seringkali diselesaikan dengan metode Hungaria. Namun metode ini mengalami perkembangan dengan beberapa modifikasi. Oleh karena itu berdasarkan perkembangan metode Hungaria akan diidentifikasi perbandingan beberapa algoritma dengan beberapa aspek pembanding. Berdasarkan perbandingan ini diperoleh pengelompokkan algoritma kesamaan algoritma dan pemilihan algoritma yang paling efektif dilihat dari iterasi yang relatif sedikit hasil paling minimal dengan semua pekerjaan dieksekusi. Adapun algoritma yang memenuhi hal ini yaitu algoritma Hungaria Modifikasi tanpa penambahan dummy.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 11 Jan 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/202075

Actions (login required)

View Item View Item