Perbandingan algoritma penyelesaian masalah penugasan tidak seimbang pada masalah minimasi / Hamidah Dian Romadhon - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbandingan algoritma penyelesaian masalah penugasan tidak seimbang pada masalah minimasi / Hamidah Dian Romadhon

Romadhon, Hamidah Dian Romadhon (2022) Perbandingan algoritma penyelesaian masalah penugasan tidak seimbang pada masalah minimasi / Hamidah Dian Romadhon. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Berdasarkan observasi yang telah dilakukan di kelas X MIPA 3 SMA Negeri 7 Malang pada bulan November dan dilanjutkan pada bulan Januari 2020 diketahui bahwa pembelajaran biologi yang dilaksanakan masih belum terbiasa untuk berinteraksi langsung dengan objek yang sedang dipelajari. Pembelajaran biologi yang seharusnya mengutamakan menggunakan media realia masih sering dipelajari siswa hanya dengan melihat gambar dan masih terpaku hanya pada buku dan Lembar Kerja Siswa (LKS) saja. Hal tersebut membuat siswa bosan sehingga saat pembelajaran berlangsung banyak siswa yang tertidur di belakang kelas berbicara dan bermain. Siswa kelas X MIPA 3 SMA Negeri 7 Malang masih belum terbiasa apabila pembelajaran yang dilaksanakan tidak sesuai dengan gaya belajar yang biasa mereka lakukan karena terlalu sering belajar hanya dengan buku dan LKS saja. Kepedulian siswa terhadap lingkungan sekitar juga masing tergolong rendah. Siswa menyatakan bahwa sering terdapat sampah di bawah meja bahkan sampai menimbulkan bau. Implementasi Pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS) dengan Model Pembelajaran Experiential Jelajah Alam Sekitar (EJAS) ini adalah salah satu alternatif yang diterapkan untuk meningkatkan adaptabilitas dan literasi lingkungan siswa. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus dan terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA 3 SMA Negeri 7 Malang yang berjumlah 34 siswa. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret 2020. Data yang diambil dari penelitian ini (1) adaptabilitas siswa yang menggunakan instrumen lembar observasi dan reflective essay dan (2) literasi lingkungan menggunakan instrumen tes literasi lingkungan. Berdasarkan hasil observasi adaptabilitas dan reflective essay didapatkan peningkatan hasil dari siklus 1 dengan skor 305 5 dengan kategori proficient ke siklus 2 dengan skor 321 dengan kategori exemplary. Hasil tes literasi lingkungan siswa secara keseluruhan mengalami peningkatan pada setiap indikator literasi lingkungan. Pengetahuan ekologi siswa mengalami peningkatan dari skor 75 6 menjadi 79 7 Aspek keterampilan kognitif mengalami kenaikan skor dari 72 5 menjadi 78 5 aspek sikap terhadap lingkungan mengalami peningkatan dari 78 4 menjadi 80 4 dan aspek perilaku terhadap lingkungan mengalami peningkatan dari 86 menjadi 87. Mengacu pada paparan data hasil penelitian dan pembahasan diharapkan dapat memberikan motivasi kepada peserta didik untuk terus melanjutkan kebiasaan-kebiasaan baik yang sudah ditanamkan dalam pembelajaran serta guru dapat melanjutkan untuk mendampingi siswa dalam meningkatkan adaptabilitas dan literasi lingkungan siswa. Berdasarkan hasil uraian yang telah disampaikan kesimpulan dari penelitian ini adalah Pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS) dengan Model Pembelajaran Experiential Jelajah Alam Sekitar (EJAS) dapat meningkatkan Adaptabilitas dan Literasi Lingkungan siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Jan 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/202072

Actions (login required)

View Item View Item