Setyawardhani, Desta Putri Setyawardhani (2022) Hubungan antara kecerdasan interpersonal dan harga diri dengan motivasi belajar siswa smp negeri 23 kota malang / Desta Putri Setyawardhani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Motivasi belajar merupakan variabel kuat yang menyebabkan individu melakukan tindakan belajar karena motivasi sebagai pendorong agar siswa tekun dan lebih giat untuk melakukan kegiatan belajar. Namun fakta di lapangan masih menunjukkan bahwa tingkat motivasi belajar siswa terbilang cukup rendah. Sedangan fungsi dari motivasi belajar ialah suatu dorongan yang membuat siswa melakukan tindakan belajar. Pada terjadinya proses belajar dan mengajar maka akan terjadi interaksi ataupun komunikasi antara siswa dengan siswa atau siswa dengan guru. Hal tersebut diperlukan adanya kecerdasan interpersonal agar siswa memiliki kemampuan dalam berinteraksi dengan orang lain. Selain itu harga diri merupakan salah satu faktor internal yang dapat mempengaruhi motivasi belajar. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan interpersonal dan harga diri dengan motivasi belajar. Penelitian ini menggunakan design deskriptif korelasional. Populasi pada penelitian ini sebanyak 225 siswa kelas VIII SMP Negeri 23 Kota Malang. Sampel pada penelitian ini diambil dengan teknik random sampling dan diperoleh sampel dengan 125 siswa. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan skala motivasi belajar untuk mengukur tingkat motivasi belajar siswa skala kecerdasan interpersonal untuk mengukur tingkat kecerdasan interpersonal siswa dan skala harga diri untuk mengukur tingkat harga diri siswa. Hasil uji validitas dengan melihat rtabel 0 349 maka apabila rhitung lt rtabel maka item dinyatakan gugur. Hasil dari uji reliabilitas dengan alpha cronbach diperoleh hasil nilai 0 933 pada skala motivasi belajar 0 949 skala kecerdasan interpersonal dan 0 893 pada skala harga diri. Untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan interpersonal dan motivasi belajar dan hubungan antara harga diri dengan motivasi belajar maka menggunakan uji korelasi sederhana. Dan untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan interpersonal dan harga diri dengan motivasi belajar menggunakan analisis korelasi berganda. Hasil analisis hubungan antara kecerdasan interpersonal dengan motivasi belajar diperoleh nilai r 0 700 dengan sig. 0 000 lt 0 05 yang artinya adalah terdapat hubungan secara signifikan antara kecerdasan interpersonal dengan motivasi belajar siswa SMP Negeri 23 Kota Malang. Selanjutnya hasil analisis hubungan antara harga diri dengan motivasi belajar diperoleh diperoleh nilai r 0 655 dengan sig. 0 000 lt 0 05 yang artinya adalah terdapat hubungan secara signifikan antara harga diri dengan motivasi belajar siswa SMP Negeri 23 Kota Malang. Dan hasil analisis hubungan antara kecerdasan interpersonal dan harga diri dengan motivasi belajar diperoleh nilai r 0 741 dengan sig. 0 000 lt 0 05 yang artinya bahwa terdapat hubungan secara signifikan antara kecerdasan interpersonal dan harga diri dengan motivasi belajar siswa SMP Negeri 23 Kota Malang. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka diberikan saran sebagai berikut (1) konselor dapat memberikan layanan bimbingan dan konseling pada bidang pribadi sosial untuk meningkatkan kecerdasan interpersonal dan harga diri siswa sehingga akan memberikan dampak terhadap tingkat motivasi belajar siswa. Selain itu konselor juga dapat memberikan layanan bimbingan dan konseling dalam bidang belajar untuk meningkatkan motivasi belajar siswa yang dapat dilaksnakan melalui bimbingan kelompok atau bimbingan klasikal (2) guru matapelajaran dapat berkolaborasi dengan konselor dalam meningkatkan kecerdasan interpersonal dan harga diri siswa sehingga akan meningkatkan motivasi belajar siswa di dalam pembelajaran sehingga akan membuat hasil belajar siswa baik (3) peneliti selanjutnya dapat mengembangkan penelitian pengembangan dengan menghasilkan produk yang dapat digunakan oleh konselor dalam mengimplementasikan layanan bimbingan dan konseling dalam bidang pribadi sosial dan belajar guna meningkatkan kecerdasan interpersonal dan harga diri sehingga akan memberikan dampak dalam meningkatkan motivasi belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 11 Jan 2022 04:29 |
Last Modified: | 30 Dec 2022 01:25 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/201982 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |